Thursday, May 21, 2009

Rahasia Printer Epson Stylus Photo R230

Setelah sukses dengan Rahasia Canon Pixma IP4200, artikel ini mencoba untuk mengulas printer lain. Kali ini yang dibahas adalah printer Epson Stylus Photo R230. Seperti halnya IP4200, R230 pun memiliki setting rahasia yang hanya bisa diakses melalui cara khusus. Berikut ini adalah caranya, lihat gambar satu.

RahasiaR230

Gambar 1. Setting Rahasia R230

Pertama-tama pilih jenis kertas dengan Epson Ultra Glossy. Kemudian pilih kualitas Photo RPM (lebih bagus dari Best Foto). Lalu hilangkan opsi High Speed. Terakhir centang Super Microweave. Opsi terkahir ini anehnya hanya ada pada R230. R290 dan R1900 tidak ada.

Hati-hati juga dengan pilihan warna. Kebanyakan printer Epson cetakannya gelap. Kalau anda orang awam, gunakan saja Epson Vivid pasti beres. Kalau anda power user, ingin agar cetakan semirip mungkin dengan gambar yang dicetak, anda lebih harus berusaha.

Peringatan! Menggunakan setting diatas untuk mencetak foto 3R membutuhkan waktu 15 menit, A4 bisa 30 menit. Kecepatan super lambat ini bisa masuk MURI / malah Guiness Book of Record. Sebagai pembanding IP 4200 9600 dpi membutuhkan waktu 5 menit untuk A4.

Anda yang suka menggunakan ICM harus super berhati-hati dengan Epson. Seperti yang diberitahukan diatas, hasil print Epson cenderung gelap TERUTAMA bila menggunakan ICM. Tidak seperti IP4200 yang tiap jenis kertas diberi ICM tersendiri, R230 hanya memiliki 1 profile. Jika profile itu digunakan maka hasilnya adalah gelap.

Sepertinya ICM Epson hanya cocok dengan kertas dan tinta orginal yang sudah dibuat sedemikian sehingga akan menjadi aneh ketika digunakan di tinta dan kertas non original. Mengenai apakah tinta yang digunakan lebih banyak, saya tidak tahu. Yang jelas gambar lebih bagus, dan waktu cetak super lama sekali.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg