Sunday, May 17, 2009

Mengecek Original Size dari situs Upload Foto

Beberapa situs upload foto menawarkan kita untuk mengupload foto secara original size atau ukuran asli. Disatu sini hal ini sangat berguna untuk backup / cadangan. Di sisi lain hal ini sangat susah sekali dilakukan dengan internet Indonesia.

Sebagai gambaran kamera terbaru SLR terbaik sekarang menggunakan resolusi 24 megapixel dengan ukuran file sekitar 8 MB. Dengan kecepatan UPLOAD internet Indonesia yang super parah (download saja masih parah apalagi upload), maka mengupload 3 MB file saja (ukuran jpg Fine kamera 6 megapixel saya) cukup lama. Belum lagi mengupload sebuah album yang terdiri dari banyak foto.

Keuntungan hal ini tentu saja ketika DVD tempat menampung foto anda hilang, rusak, atau hal-hal yang buruk lain, anda masih dapat mendownload backup di internet. Jangan kuatir juga karena sudah banyak fitur pribadi yang memungkinkan foto pribadi anda tetap pribadi.

Artikel ini akan meneliti seberapa orginal size itu. Karena MD5 sudah bobol, maka saya akan menggunakan SHA1 dan CRC32 untuk membandingkan file asli saya dengan file hasil upload. Program pemeriksa saya gunakan Damn Hash Calculator. File yang diupload ada dua versi. Versi ukuran 100 megapixel dan versi 320 x 240 pixel.

Jika sebuah situs upload foto tidak dapat menaruh 100 megapixel seperti aslinya, maka akan dilakukan hal yang sama dengan versi lebih kecil. Percobaan ini akan dilakukan di beberapa situs foto maupun situs pertemanan. Pada umumnya situs pertemanan seperti Friendster dan Facebook hanya bisa maksimal menampilkan gambar sebesar 605 pixel. Itu untuk ukuran terbesar. Bisa panjang / lebar, portrait / landscape yang pasti ukuran pixel terbesar 605 pixel. Best case anda bisa mendapatkan 605 x 605 pixel = 366.025 pixel (kenapa tidak menggunakan satuan pixel persegi?).

Cukup untuk lima alinea teori dan penjelasan. Mari kita lakukan.

Tabel untuk situs foto:

Situs SHA1 CRC32 Resolusi
Tetap
Kapasitas
Picasa V V V 1 GB
Skydrive ? ? ? 25 GB
Flickr X X X 100 MB / bulan
Adobe V V V 2 GB

Dari tabel diatas dapat diketahui ada 2 layanan upload foto yang mempertahankan file kita apa adanya. Khusus untuk flickr fitur tersebut hanya dapat digunakan jika anda membayar. Kalau anda tidak membayar maksimal resolusi yang bisa didownload adalah 1024 x 768. Khusus untuk skydrive, saya mengupload file 1,5 MB menggunakan Windows Live Picture Gallery dan selalu gagal. Saya sampai detik ini selalu menggunakan picasa. Diantara 4 layanan itu, Adobe satu-satunya yang menyediakan fitur editing online. Picasa dan Skydrive menggunakan program offline. Flickr tidak ada fitur editing.  

Tabel untuk situs pertemanan sosial:

Situs SHA1 CRC32
Friendster X X
Facebook X X
Multiply V V

Sangat mengejutkan sekali hasilnya. Hanya Multiply yang menjaga keaslian file. Semua situs pertemanan tersebut mempertahankan resolusi gambar. Berikut ini adalah gambar percobaan:

TestMul

Gambar 1. Test Gambar Multiply dan Original (karena CRC32 sama, saya tidak mengupload 2 gambar).

TESTFS

Gambar 2. Frienster.

testFB

Gambar 3. Facebook.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg