Thursday, May 14, 2009

Dilema Membeli Printer Foto 2009

Setelah tahun lalu menulis dilema membeli printer A3, kali ini versi A4nya. Ternyata kalau anda menggunakan tinta bajakan dan pingin awet serta ingin teknologi terbaru itu hampir mustahil. Admin Ficforlife (bukan saya) telah memiliki 10 printer, 5 Epson, dan 5 Canon. Dari pengalaman dia, printer Canon selalu bermasalah dengan tinta bajakan.

Kasus nyata IP4200 yang tidak keluar tinta ke 5 (hitam foto), sampai endingnya head rusak. Admin kita ini telah kehilangan DUA printer IP4200 akibat head rusak. Juga sebuah MP145 yang rewel. Serta dua printer Canon lainnya yang saya lupa juga bermasalah.

Dari pengalaman diatas akhirnya teman saya itu alergi Canon. Suka tidak suka, Printer Canon lebih berpotensi head rusak jika menggunakan tinta bajakan, TERUTAMA yang ThinkTank (IP3xxx, IP4xxx, IP5xxx). Pengalaman saya pribadi Pixma IP4200 saya yang saya beli pada September 2006, beberapa bulan yang lalu rusak.

Anehnya printer Epson yang dia beli baik-baik saja. Epson Stylus C90, T20E, C87, dan dua printer Epson lainnya baik-baik saja. Tapi T20 pernah rusak sekali chipnya dan habis 160 ribu serta belum ada wastenya. Semua printer Epson yang kuat dan sempurna ini memilki satu kelemahan yaitu outdated. Epson T20E memang baru, tapi masih belum lengkap karena tidak ada reseter dan kualitasnya belum optimal.

Jika anda menginginkan kualitas yang bagus maka anda akan menggunakan printer foto 6 warna. Dari solusi diatas pilihan anda ada Pixma IP4680, IP3680, R230, R290. Sebenarnya saya mau memilih IP3680, tapi karena nasehat teman saya tadi akhirnya mau tidak mau memilih Epson Stylus Photo R230. Tapi produk ini memiliki tiga kelemahan.

Yang pertama outdated. Produk R230 ini diluncurkan Desember 2005. Umurnya sudah hampir EMPAT tahun. Anehnya Epson masih menjual produk ini. Yang kedua kata teman saya kalau main tinta bajakan, tinta ENAM warna kualitas rendah masih kalah dengan tinta EMPAT warna kualitas baik. Tinta mahal bajakan merek U[cencored] ternyata tidak mengeluarkan tinta untuk R230. Yang terakhir MAHAL. Untuk sebuah produk komputer yang hampir berumur EMPAT tahun dan memiliki TIGA generasi penerus, maka harga 1,5 juta adalah MAHAL.

Kelemahan pertama dapat diatasi jika kita menggunakan Epson Stylus R290. Kelemahan kedua dan ketiga tidak. Dua juta rupiah untuk printer A4 (belum termasuk modif dll) adalah harga yang MAHAL.

Kembali ke IP3680. Dengan harga printer kurang dari 1,1 juta dan tinta mahal merek F[cencored] maka total harga 1,5 jutaan. Harga tinta 100ml = Rp 50.000. Pengalaman pribadi saya dengan IP4200 adalah jangan ganti-ganti tinta. Jangan mencampur dua jenis yang berbeda (kecuali satu jenis sudah hampir habis). Dan jangan membeli tinta murah (rekor 1 LITER Rp 75.000). Ketiga hal diatas akan mempercepat kerusakan printer ThinkTank anda, dan juga printer lainnya. Semahal-mahalnya tinta bajakan masih jauhhhhhhhhhhhhh lebih murah dari tinta original.

Dari situs Tomshardware dapat saya ketahui bahwa Epson dan HP memiliki 2 macam tinta untuk 1 fungsi dalam 1 printer. Tinta normal dan Tinta Ektra. Tinta ektra ini memiliki kapasitas sekitar dua kali tinta normal. Bagi para pengikut tinta original, mungkin ini akan menjadi angin segar bagi anda.

Kembali ke topik. Dari berita diatas terlihat jelas bahwa kalau anda ingin awet dan anda tidak butuh kualitas, maka anda dapat memilih C90. T20 saat ini masih baru sehingga masih belum sempurna. Untuk kegunaan printer normal memang tidak ada masalah. Kalau tinta foto? Terlihat jelas. Teman saya mengatakan bahwa tinta 6 warna Epson hanya benar-benar terlihat unggul dibandingkan versi 4 warna jika menggunakan tinta origninal. Sedangkan kalau menggunakan tinta bajakan hasil cetakan malah lebih bagus yang 4 warna.

Mungkin ada pembaca yang dapat memecahkan masalah ini? Maaf bagi pengemar HP tidak ada ulasan karena penulis “buta” tentang jenis2 dan tipe printer HP.

2 comments:

  1. R290 aku pake 1 tahun , Kualitas foto Bagus. aku pake Tinta B*** Pr**, prientHead Jebol....

    ReplyDelete
  2. rata2 aku pake printer canon (ip4200,IP3500,IP3680) gak sampe 1 thn dah jebol. tapi sy senang krn hasil yg stabil dan speed yg lumayan.
    epson emang awet, cuma saja lamban dalam cetak. selain itu epson rentan hasil cetak bergaris.

    ReplyDelete