Monday, March 9, 2009

Jebakan Printer Canon Pixma IP4680 VS MP988

Maafkan saya jika saya telah menyesatkan sebelumnya. Saya sendiri baru mengetahui hal ini. Beginilah logika yang saya pakai:

- Canon Pixma MP988 adalah flagship printer inject all in one Canon.
- Canon Pixma IP4680 adalah flagship printer inject Canon.

Karena keduanya adalah satu generasi dan sama-sama flagship, maka saya berasumsi kalau kemampuan cetak kedua printer tersebut adalah identik. Pixma MP988 memang lebih mahal, tapi karena printer ini memiliki segudang kemampuan selain urusan mencetak. Maka dari itu masih wajar kalau menganggap kedua alat tersebut memiliki spesifikasi / kemampuan mencetak yang sama.

Namun, faktanya adalah tidak begitu! Perbedaan dasar dari kedua printer tersebut adalah Pixma MP988 memiliki 6 tinta warna, sedangkan IP4680 hanya memiliki 5 warna. Keanehan ini membuat kita harus selalu melihat printer Canon secara detail. Kita tidak bisa hanya membandingkan satu generasi dan melihat spesifikasi secara general.

Kesimpulannya, kalau anda ingin membeli printer Canon lihatlah spesifikasi printer hanya yang benar-benar ingin anda beli. Jangan melihat spesifikasi dari versi all-in-one-nya. Kesimpulan kedua adalah kalau anda ingin membeli printer Canon yang memiliki tinta 6 warna maka mau tidak mau, suka tidak suka, anda harus membeli MP988 dan merogoh kocek lebih dalam.

Tolong kalau pihak resmi Canon bisa memberikan kejelasan / konfirmasi akan sangat saya hargai :).

No comments:

Post a Comment