Sunday, December 14, 2008

Paramater Kedua Monitor Bagus: 10 bit

Setelah parameter pertama yaitu "gamut", parameter kedua monitor bagus adalah "10 bit" gradasi untuk tiap warna. Artinya kalau 3 warna RGB, monitor itu sanggup mendukung 30 bit. Sayangnya untuk dapat menggunakan dukungan penuh 30 bit ini dibutuhkan VGA yang juga mendukung 10 bit / warna.

Untuk Nvidia Quadro dari hasil googling diketahui bahwa yang pasti mendukung warna 10 bit adalah Quadro FX 4800, 5800, dan CX. Sedangkan AMD lebih baik lagi. AMD sejak dulu dari Radeon dan juga FireGL telah mendukung output 10 bit.

Kalau anda berminat membeli kedua hal ini terutama monitor, silahkan cari harga + model dari google product. Setelah itu silahkan inden dengan menelpon vendor / distributor Indonesia untuk produk yang bersangkutan.

Menurut Google Pages LCD yang gamutnya 92% dan murah adalah BenQ X2000, dimana sangat disayangkan tidak ada di salah satu toko online terbesar. Dengan harga dan merek yang sama anda bisa mendapatkan LCD 24" (yang tadi 20") dengan gamut 72%. Berikut ini adalah sedikit humor dari GooglePages terhadap monitor BenQ:

Gambar 1. Humor LCD BenQ

Pada kotak atas, dijelaskan bahwa LCD biasa itu gamutnya hanya 75%-an, padahal produk mereka sendiri di bawah gamutnya ternyata 75%. Benar-benar menjelek-jelekan produk sendiri. Sedangkan untuk prosesor 10 bit kebanyakan adalah LCD TV dengan layar besar seperti halnya Toshiba Regsa, dan lain-lain. Sedangkan kalau kedua parameter itu digabung hasilnya adalah berikut ini. Setelah diurutkan dari termurah, maka didapatkan harga < $900, yang lagi-lagi terdapat pada Toshiba.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg