Tuesday, December 9, 2008

Musim Hibernasi Akan Segera Datang

Banyak yang percaya bahwa musim dingin segera tiba, dimana beruang-beruang mengumpulkan makanan dan melakukan hibernasi.

Ehem, maaf, ini artikel Finance. Yahoo! Finance menulis demikian:

"Some would argue that we've seen a bottom, so there's that fear of missing a rally," said Jim Herrick, manager of equity trading at Baird & Co. "We're seeing some buying on some of the dips."

Sudahkah ini bottom? Atau ini hanyalah retrace? Technical Rebound? Kita tidak akan pernah tahu. Tanda-tanda pemulihan ekonomi tidak ada, malah makin hari semakin terancam lay-off dan job slash.

Bagaimana dengan Indonesia? IHSG tercinta? JCI tercinta? Semoga badai cepat berlalu. Hari ini, JCI (IHSG) ditutup menguat besar, meskipun om Nikkei dan pak Hang Seng memerah.

image
SUMBER : INDO PREMIER SECURITIES

Ketidak pastian pasar ini semakin membuat para trader mati kepalang ajar. Tidak arah yang tepat. Bagaimana dengan broker yang mengejar komisi? Hmmm, memang, resiko ditanggung sendiri. Bagi para rekan yang kerjanya adalah seorang pialang saham, tidak peduli yang sudah punya WPPE atau belum, berhati-hatilah, market sama sekali tidak berarah.

Pukul 15:40, terlihat ada tanda-tanda pembuangan, namun tidak disangka, penutupan malah diterjang, sehingga ditutup menguat 5%. 5% adalah nilai yang cukup besar, mengingat yang menggerakkan 5% ini hanyalah saham-saham bluechip market mover, terutama perbankan dan  perbankan BUMN.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg