Friday, December 12, 2008

DetikFinance Tidak 100% Relevan Lagi

imageSeorang pembaca finansial yang kritis, akan sangat teliti dalam membaca sebuah berita. Profil setiap orang jelas berbeda, oleh karena itu, seseorang dapat membaca kasar “SEE”, atau benar-benar membaca “LOOK”.

Kali ini, yang saya soroti adalah DetikFinance, lagi-lagi. Mungkinkah kalimat ambigu DetikFinance lagi-lagi muncul? Coba anda perhatikan cuplikan di bawah ini

Signature diduga telah merepokan saham dan waran dari sejumlah emiten milik nasabahnya senilai Rp 101,69 miliar. Kini nasabah kesulitan mencairkan dana investasinya.

Bapepam juga sudah memblokir rekening PT Signature dan aktivitas perdagangannya di Bursa Efek Indonesia dihentikan sejak 4 Desember 2008 karena Panin melaporkan nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang tidak benar.(ir/qom)

image Mungkinkah kata-kata tersebut seharusnya bertuliskan Panin? Well, apabila saya pertama kalinya berada di dunia maya dan baru berkenalan dengan DetikFinance, saya percaya apa adanya. Namun, apabila saya seseorang yang berkecimpung dan seseorang yang tahu betul mengenai arti sebuah berita yang terdapat dalam artikel tersebut di DetikFinance. Maka, saya akan berprasangka, bahwa DetikFinance telah melakukan kesalahan ketik lagi.

Mengapa saya dapat berpikir bahwa DetikFinance tidak 100% relevan lagi? Tentu saja, karena kesalahan ketiknya bukan hanya kesalahan ketik biasa, namun kesalahan ketik yang dapat berubah arti. Sungguh terkejutnya saya melihat kalimat “bahwa Panin melaporkan MKDB yang tidak benar sehingga disuspend”, saya juga sangat yakin bahwa Panin sendiri akan lebih terkejut melihat artikel ambigu tersebut.

Apabila memang kata-kata tersebut adalah benar-benar PANIN, mengapa kalimat utamanya :

“Bapepam juga sudah memblokir rekening PT Signature ….”

Dapat berakhir dengan

“…Panin melaporkan nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang tidak benar.(ir/qom)” ?

Kesimpulan, kalimat tersebut dapat memiliki beberapa arti, jika MEMANG TIDAK TERDAPAT KESALAHAN TULIS

  1. PANIN melaporkan ke Bapepam bahwa PT. Signature tidak melaporkan MKDB dengan benar
  2. Karena PANIN melaporkan MKDB tidak benar, maka PT. Signature disuspend
  3. Seluruh paragraf yang menyatakan bahwa Panin tidak berhubungan dengan PT Signature, akan menjadi “seperti” terafiliasi, dikarenakan kalimat “karena Panin melaporkan nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang tidak benar”

Benar-benar ambigu, dan karena ini bukan pertama kalinya kesalahan ketik, maka menurut saya, artikel ini tidak lagi relevan, dan tidak dapat diasumsikan lagi kata-katanya yang ambigu.

Apabila saya yang salah, mohon kritikannya, saya akan menjawab semua kritikan yang masuk.

No comments:

Post a Comment