Tuesday, December 9, 2008

Cara Cepat Menangkap Video Pada Firefox

Anda tentu mengenal berbagai situs penyedia jasa video. Salah satu yang terkenal yaitu Youtube. Sayangnya video dari youtube ini sangat susah untuk diambil. Firefox yang build in tidak dapat berbuat apa-apa dalam hal ini.


Untungnya Firefox memiliki banyak plug in yang dinamakan extention. Salah satu extention yang berguna untuk mengambil video youtube adalah DownloadHelper. DownloadHelper ternyata memiliki banyak fasilitas untuk mendownload banyak media, tapi yang dibahas disini adalah untuk video youtube.

DownloadHelper ditambah dengan keistimewaan Firefox adalah kunci dari trik ini. Bagian downloadhelper sudah dijelaskan diatas. Salah satu keistimewaan Firefox yang diperlukan adalah fitur blok beberapa link kemudian diproses. Banyak extention yang sudah bisa memanfaat fitur ini, termasuk downloadhelper.

Berikut ini akan ditunjukkan studi kasus. Pastikan Firefox anda sudah terinstall extention DownloadHelper. Kebanyakan dalam youtube, sebuah user akan memposting video yang bertema sama. Misalkan anda mencari Delphi Tutorial. Disana pada halaman awal-awal terlihat user codegearguru. Klik see all pada user codegearguru. Blok semua link diatas seperti pada gambar 1. Kemudian klik kanan dan pilih Download Videos from YouTube Link(s).

Gambar 1. DownloadHelper sedang beraksi.
Langkah berikutnya adalah menunggu. Kalau anda memiliki koneksi internet yang cepat, anda dapat lebih mengoptimalkan proses menunggu tadi dengan 2 cara. Yang pertama semua video langsung didownloa SEKALIGUS (defaultnya satu-satu). Hal ini kelemahannya adalah kalau anda kebanyakan mengeblok link, maka video yang didownload bersamaan juga banyak. Kalau anda menggunakan cara ini, maka pilihlah jumlah link yang rasional untuk didownload.
Yang kedua membutuhkan extention flashgot. Dengan bantuan flashgot, Download helper dapat "melempar" link video tadi ke flashgot. Flashgot akan melempar link tadi ke download manager yang kita punyai. Dengan trik ini maka anda tidak perlu banyak usaha untuk satu persatu klik kanan setiap link. Ataupun menunggu satu persatu download yang lambat.
Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg