Sunday, December 7, 2008

Buku Wajib Baca Bagi Investor

The Intelligent Investor

Meniru kata-kata Mr.Admin, saya bukanlah pihak terafiliasi dengan penerbit Serambi, bukan temannya Benjamin Graham, juga bukan teman Warren Buffet yang terkenal kayanya.

Waduh

Terus, kenapa saya pasang scan cover buku ini?

Dewasa ini, saya mengamati, banyakkkk sekali orang yang ingin investasi di bidang saham, tetapi tidak tahu apakah itu saham.  Bukankah itu seperti membeli sebuah mobil tanpa tahu apa kelebihan mobil tersebut? Yang penting mobil?

Yang lebih membuat saya senyum-senyum adalah, ketika saya berada di kantor, seorang investor berkata kepada CS,

Investor : Saya mau beli saham, cari broker yang pengalaman lama
CS : Oh ya silahkan, ada pak
Investor : Berapa lama? 5 tahun ada? 64
CS : Maaf pak, rata-rata disini 2 tahun, ada yang 5 tahun…
CS : Tetapi nasabahnya banyak sekali
Investor : Kalau yang 2 tahun ada
CS : Tidak ada pak, 1.5 tahun ada
Investor : Bisa ditunjukkan orangnya.. 76

Saya (DALAM HATI), pak kalau mau lama sama security-nya saja 78 , bapak beli saham, atau sewa kuli saham nih pak?

Namanya pasar itu tidak bisa ditebak. Biarpun terkenal, pintar, namanya broker,analis, tetap manusia. Tidak ada yang benar, tidak ada yang salah. Pada lain kesempatan akan saya tulis, mengapa TRADING/TEK TOK/MAIN saham akan membunuh anda, sedangkan INVESTASI/BELI saham bisa membuat anda berjalan pada jalan yang benar 77

Salam semua :)

No comments:

Post a Comment