Monday, November 3, 2008

Tahukah Anda: Parameter Monitor yang bagus adalah GAMUT

Tips jika anda ingin membeli monitor yang bagus adalah dengan mencari kata "GAMUT". Kalau anda menemukan kata ini pada sebuah monitor dapat dipastikan monitor yang anda beli pastilah bagus.

Istilah gamut disini dapat diartikan seberapa nyata monitor anda dalam menampilkan warna. Hal ini bukanlah teori seperti yang kita kenal biasanya. Pada umumnya secara teori monitor sekarang bisa menampilkan 32 bit warna. Artinya 8 bit untuk tiap warna (Red, Green, Blue, Alpha). Dalam teori ini ada 2^8 = 256 gradasi untuk setiap warna.

Gamut artinya disini seberapa nyata warna teori tadi tampil di monitor kita. Beberapa standard gamut adalah sRGB dan Adobe RGB. Monitor desktop pada umumnya mampu menampilkan 75% gamut sRGB. Sedangkan monitor laptop pada umumnya hanya 45% dari gamut sRGB (Thinkpad W700 mampu 75%).

Monitor-monitor yang mengusung kata gamut sebagai promosi minimal mampu 100% dalam sRGB. Beberapa malah ada yang 120%. Contoh monitor itu adalah Samsung SyncMaster XL series. Semakin besar gamut yang didukung, semakin nyata warna yang ditampilkan pada monitor tersebut.

No comments:

Post a Comment