Sunday, November 23, 2008

Kisruh Kartu Kredit Bank Mega Platinum

imageBeberapa bulan yang lalu, saya pernah ditelepon dari CS Bank Mega (BEI : MEGA), yang menawarkan saya produk-produk kartu kredit bank Mega. Saya tidak tertarik dengan kartu kredit tambahan ataupun produk lain yang ditawarkan, sehingga saya memang tidak pernah mengingatnya.

Salah satu fakta pembicaraan saya dengan CS bank Mega (Yang bodohnya tidak saya rekam) adalah bahwa saya ingin berhenti dan menutup kartu kredit Platinum saya JIKA DAN HANYA JIKA annual free saya harus dibayar.

Setelah berbicara dan bercakap-cakap, akhirnya CS tersebut memberikan pilihan untuk memperpanjang kartu kredit Platinum saya dengan gratis tahun berikutnya. Tetapi sayangnya, uang saya “dimakan” oleh Bank Mega, bukti:

image

Mega 2008 11

image

Dapat anda lihat, bahwa tagihan saya adalah 47,028 rupiah, dan saya melakukan pembayaran sebesar 50,000.

Bagaimana mungkin saldo saya adalah 197,028? Berarti ada uang 2,972 yang “dimakan” ataupun “termakan” oleh kesalahan penagihan Annual Fee ini. Wew, saya hanya bisa jengkel ketika mendapat billing yang juga baru dikirimkan tanggal 20an, dan jatuh tempo tanggal 25.

Meskipun demikian, terdapat 2 permasalahan yang harus diselesaikan oleh Bank Mega, menurut saya.

Pertama adalah, bagaimana mungkin CS tersebut dapat menghubungi saya dan mengatakan bahwa “SAYA TIDAK PERLU REPOT-REPOT KE BANK MEGA UNTUK MENGAJUKAN FREE ANNUAL FEE”, karena pada percakapan lalu, saya telah meminta penegasan, apakah saya perlu mengajukan ulang, atau sudah dipastikan FREE ANNUAL FREE untuk tahun berikutnya. Saya yakin, jika Bank MEGA ingin memutar ulang detail percakapan hasil rekamannya dengan saya, pasti akan terkuak bahwa tulisan saya adalah benar. (CS DANAMON (BEI – BDMN) yang menghubungi saya saja punya perekam, masa Bank Mega tidak punya)

Kedua, hal ini bukan terjadi pertama kalinya. Ini adalah kedua kalinya saya hendak menutup kartu saya, yaitu setiap akhir tahun berjalan. Kejadian serupa pernah saya alami tahun lalu, yaitu dengan menghubungi saudari KARINA di 031-5688566, cabang SURABAYA - DARMO. Tahun lalu, telah saya serahkan kartu kredit saya, dan DIGUNTING, akan tetapi, ditelepon ulang oleh Bank MEGA Jakarta, dan diberikan free ulang.

Dari sini terlihat bahwa, pembicaraan saya dengan CS Bank mega beberapa bulan lalu tidak membuahkan hasil, malah saya merasa “TERTIPU” oleh perkataan CS tersebut, dimana tidak akan muncul ANNUAL FEE untuk tahun depan.

Kira-kira, bagaimana penjelasan bank Mega? Telah saya kirimkan surat resmi beserta data-data resmi beserta bukti tagihan saya, dimana bukti tersebut adalah sah. Sayangnya saja, mungkin saya tidak bisa berbanyak waktu di Bank Mega.

NB : Kepada pihak Bank Mega yang sempat membaca tulisan saya ini (Mungkin tahu dari surat resmi yang saya kirimkan), silahkan memberi komentar. Segala sesuatu yang terjadi akan saya update demi kepentingan keterbukaan informasi. Nama tidak saya cantumkan dalam WEB, tapi saya memberikan semua informasi secara tertulis kepada Bank Mega.

Mari kita tunggu Update-update tersebut, seperti artikel Indosat yang secara tidak sopannya memblokir saya.

Update 1 – Respons Bank Mega
Tanggal 24-November-2008, telah saya kirimkan sebuah surat, tidak ada tanggapan.
Tanggal 25-November-2008, saya datangi Bank Mega Darmo, kemudian menjelaskan ini itu, begitu juga telepon bulan Mei dan Agustus yang menjelaskan soal penutupan kartu kredit dan penawaran free annual.

Update 2 – Terkuaknya Kisah Kisruh
Karena surat saya tidak ditanggapi, akhirnya saya datang langsung untuk menutup. Tetapi, setelah diprintkan bukti bahwa telah dikreditkan (DIKEMBALIKAN) biaya tahunan, sebesar Rp. 200.000, maka tidak jadi saya tutup.

Update 3 – Permasalahan Selesai (Seharusnya)

image

Permsalahan selesai, kartu kredit gratis iuran tahunan tetap saya gunakan.

5 comments:

  1. wah sama donk... ini juga terjadi sm sy... akhirnya bank mega menutup cc sy setelah sy complain DELAPAN KALI PLUS GEBRAK MEJA CS :d (untuk penutupan. sy lsng dtg ke bank mega, tdk melalui telp)... bukan apa2. dtg 1-2x msh ok. lama2 sy emosi. krn bill cc sy bertambah dr fee ke fee. pdhl TIDAK DI PAKAI SAMA SEKALI. dari awal dpt itu cc, sy lsng bilang di tutup/cancell. eh kok malah kena duning fee !. bank mega memang banyak minus nya.

    ReplyDelete
  2. Promo terbaru Bank UOB BUANA dapat kan Discount hingga 50 % untuk setiap pembelanjaan di CAREFOUR,ADA MALL,PALACE SQUARE.KEDAI AMARTA.KAMPUNG LAUT.SHABU SHABU.MAJESTI.PIZZA CAFE.DAN SUPERMARKET SELURUH INDONESIA,DISKON 30 % DI EUROSKIN LAB,20 % DI ESC,FREE VOUCHER AT GAYA SPA SENILAI RP 1000.000, DAN DISCOUNT 20 % AT ALL GAYA SPA,DAN DISCOUNT DISCOUNT HINGGA 30 % FOR CHEK UP AT PRODIA promo langsung bila apply lady's card :
    1.mendapatkan 5 vouvher yaitu untuk spa,salon,body massage,dll di gya spa dan chemical salon.

    2.free check up di prodia

    3.discount up to 20% untuk vaccination dan check up di prodia OHI

    4.discount up to 20% untuk executive health screening dan skin rejuvenation di rumah sakit pondok indah

    5.discount 30% free skin treatment packages di euroskinlab

    6.discount 20% untuk slimming packages di european slimming center

    7.beli apapun dan dimana pun cicilan 0 % untuk 3 bulan

    8.asuransi program prudential : credit protection,pru ladies critical illness,pru investment with edu plan,purchase protection(asuransi atas barang yg dibeli)

    9.cicilan pendidikan 3-6 bulan 0,88%.dan 12 bulan 0,99%

    10.poin reward :mendapatkan 1 poin reward untuk setiap transaksi RP1.000,00

    11.discout di restaurant restaurant

    12.asuransi perjalanan sampai 1 milyar

    13.online travel booking dan reservation

    14.free airport lounge at indonesia,malaysia,singapura,hongkong

    15.terbang gratis dengan garuda indonesia dan singapore krisflyer denagn menukarkan poin reward

    16.UOB bill pay = kemudahan pembayaran tagihan bulanan dengan otodebet ke kartu kredit UOB anda

    17.UOB Flexipay = belanja dengan cicilan ringan 0% di berbagai merchant hingga 24 bulan

    18.UOB balance tranfer = dapat memindahkan saldo kartu kredit bank lain ke kartu kredit UOB buana

    19.diskon mandala airlanes 50%

    20.UOB regional privileges = diskon merchant2 di indonesia,singapore,malaysia,hongkong,dll


    syarat-syarat untuk mengajukan kartu kredit UOB buana =
    1. fotocopy / scan KTP
    2. fotocopy / scan kartu kredit bank lain.
    -minimal limit kartu kredit bank lain 4juta(GOLD lady's card), 20 juta (PLATINUM lady's card)

    bagi yang tidak mempunyai kartu kredit atau syarat nomor 2 belum terpenuhi bisa memakai =
    untuk karyawan atau pegawai:
    1.SLIP GAJI asli carbon
    2.Surat Keterangan Penghasilan / Gaji asli
    untuk wiraswasta
    1.SIUP
    2.NPWP
    3.Rekening tabungan / koran 3 bulan terakhir
    UOB Buana Call Center

    Segala macam informasi mengenai Kartu Kredit UOB Buana, dapat langsung Anda ketahui dengan menghubungi layanan 24 jam UOB Buana Call Center di 14008 atau (62 21) 23 55 9000.
    untuk pengajuan hubungi
    chairul sarto utomo
    asm Dewi ika
    UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131
    SEMARANG,50000
    VIA SMS 085859467928

    ReplyDelete
  3. It's so small so you can bring it when you travel around. Amongst initial releases will be Nixon and the Twilight movies. However, Play - On does allow developers to make custom channels that you can load onto your server.

    Also visit my blog post: roku

    ReplyDelete
  4. Kalau saya korban asuransi bank mega...sudah refund tetapi sudah 5 bln tidak ada pengembalian uang, jstru saya di ping pong dan dg berbagai macam alasan mereka berkelit..dg mengatakan sudah mrngembalikan, ketika saya meminta utk diemail bkti trnsfrnya mrka tidak bisa menunjukan nya!!

    Ternyta ini modus baru bank mega untuk merampok uang nasabah..dg menipu nasabah dg iming2 asuransi tabungan+bunga!!!

    Ternyata itu hanya trik mereka..pantas banyak orang yg mengatakan bank mega itu jelek..asuransi tidak bermutu dan tidak bertanggung jawab

    ReplyDelete
  5. Why people still use to read news papers when in this technological world all is available on net?



    Take a look at my blog post - Local Ads

    ReplyDelete


Powered By Bloomberg