Saturday, November 15, 2008

Kata Paling Menyesatkan "For Gaming"

Bertahun-tahun penulis mengamati komputer yang memiliki kata "For Gaming". Namun, hanya sedikit <>
- VGA --> Komputer untuk bermain game minimal memiliki VGA Geforce / Radeon dengan digit kedua >= 6. Contoh Geforce 9600 GT, Radeon HD 4670. Banyak komputer yang dilabeli "For Gaming" tapi menggunakan VGA dibawah itu! Kalau anda mendapati kata "GMA" dicampur dengan "For Gaming" maka segera cari komputer dengan spek lain.
- Prosesor --> Karena artikel ini dibuat tahun 2008, maka prosesor minimal 2 core. 4 core sekarang saja sudah < $200 (untuk desktop). Belilah minimal Core2Duo atau Athlon X2.
- Memory --> Kalau menggunakan XP memory minimal 2 GB. Vista sih 4 GB. Karena harga memory sekarang sudah murah (kecuali anda menggunakan DDR 3).
- Monitor --> Belilah CRT / LCD minimal 17". Kalau LCD setidaknya ada konektor DVI. Kalau laptop anda sih tidak ada harapan.

Jadi kalau anda yang membaca artikel ini pasti dapat membedakan mana "for gaming" yang sungguhan, mana yang bohongan. Inti dari semua itu adalah VGA yang digit ke dua = 6. Pada jaman sekarang sangat jarang ada spek komputer dengan VGA yang digit kedua = 6 tapi komponen lainnya seperti siput. Apalagi untuk laptop! Khusus untuk laptop VGA SLI vs single masih lebih cepat single. Maksudnya Geforce 9700 SLI masih kalah dengan 1 biji Geforce 9800. Anda hanya boleh memilih SLI untuk laptop untuk model paling atas yaitu 9800.

Contoh kasus hari ini ada berita MSI Meluncurkan laptop gaming. Laptop tersebut telah memenuhi kreteria diatas. Jadi laptop murah ini cocok menyandang laptop "for gaming", dibandingkan laptop puluhan juta dengan kata yang sama yang diberi Geforce 7300!

Untuk tidak menimbulkan kesalahpahaman, artikel ini tujuannya agar kita tidak tertipu oleh label-label "FOR GAMING". Bukan dengan kalau kita ingin main game 2D kita butuh PC semahal itu. Game disini yang dimaksud adalah sejenis Crysis, Far Cry2, Assain Creg, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg