Thursday, October 23, 2008

Toshiba Ready

Saya paling benci ditipu! Sebagai keseimbangan, saya benci menipu orang. Dalam dunia komputer dan dunia lain, paling menjengkelkan adalah saat sebuah perusahaan mengubah sebuat istilah umum menjadi istilah mereka sendiri. Biasanya hal ini lebih ke arah menipu konsumen.

Salah satu contoh itu adalah HDD. Yang namanya 1 GB adalah 1024 x 1024 x 1024 byte. Perusahaan harddisk membuat istilah mereka sendiri. Mereka mengatakan 1 GB = 1.000.000.000 byte. Untungnya para produsen CD dan disket tidak ikut-ikutan keanehan HDD ini. Sayangnya DVD, flashdisk, dan blu ray ikut-ikutan hal yang tidak benar ini.

Ini ada contoh nyata lain. Penulis tahun 2003 sempat tertipu dengan kata "Blutooth Ready" dari kotaknya Toshiba Tecra S1. Kata ready disini arti yang sebenarnya adalah siap. Artinya bisa digunakan bukan siap untuk beli. Ready for USE, but not Ready to BUY.

Tapi faktanya apa? Tidak ada blutooh sama sekali. Kalau DELL = Toshiba maka mungkin Dell Latitude D630 akan ditulisi "HSDPA Ready". Karena Centrino 2 memiliki banyak teknologi optional (pilihan), maka sekalian tulis aja "Intel Turbo Memory Ready". Juga "Blu Ray Ready", "Memory 8 GB Ready", dan ready-ready lainnya.

Penipuan terbaru tadi penulis melihat-lihat homepage Toshiba US. Penulis ingin melihat laptop flagship mereka Tecra M10 bisa dikonfigurasi apa aja. Sampai pada bagian Office Software, penulis melihat:

Gambar 1. Toshiba Microsoft Office 2007 Suite Ready

Jelas-jelas semua komputer yang speknya cukup pasti bisa diisntall Office 2007. Lalu apa arti kata-kata itu? Ya salah satu tipuan marketing. Semoga mereka semua yang menggunakan tipuan sejenis ini dapat sadar. Semoga para pembaca artikel ini dapat lebih tidak tertipu terhadap kata-kata ready, terutama yang menempel pada barangnya Toshiba.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg