Sunday, October 12, 2008

Tips Menghindari Tipuan Download Microsoft

Microsoft kadang-kadang sangat menjengkelkan untuk urusan program terkenal mereka. Salah satu program terkenal yang terkena imbas ini adalah Windows Media Player. Seperti semua di dunia ini bahwa tidak ada yang sempurna, demikian pula Windows Media Player. Karena itu dibutuhkan patch agar sistem kita tetep uptodate.

Masalahnya adalah kita tidak akan tahu apakah sebuah Media Player tersebut baru / lama. Salah satu cara terbaik untuk mengecek hal itu adalah kita langganan email di http://download.microsoft.com. Anehnya pada saat kita mendownload program yang kita dapatkan dari email tersebut, kita tidak akan mengetahui apakah program tersebut bener-benar baru / telah diperbarui (kalau yang versi lama kan sudah ada di harddisk kita).

Salah satu yang paling menjengkelkan dari Microsoft adalah mereka menggunakan nama yang tidak simpel tapi juga tidak berubah. Dalam kasus Windows Media Player 11 untuk XP namafilenya adalah wmp11-windowsxp-x86-enu.exe. Kalau anda download dari internet, mencari link-link mirror, hati-hatilah! Karena versi baru dan lama namanya juga sama yaitu wmp11-windowsxp-x86-enu.exe.

Satu-satunya cara untuk mengecek apakah anda mendapatkan yang terbaru adalah dengan mendapatkan linknya secara langsung dari Microsoft. Dari halaman download anda HARUS MELIHAT TANGGAL file tersebut diterbitkan. Dalam gambar adalah 10 Agustus 2008. Padahal penulis baru terima email tersebut hari ini (email dari download.microsoft.com). Seolah-olah terkesan ada update.

Ternyata semua itu hanya tipuan. Kesimpulannya jangan download file apapun dari Microsoft sebelum melihat tanggal penerbitan, WALAUPUN ANDA MENDAPATKAN LINK TERSEBUT LANSUNG DARI EMAIL MICROSOFT ITU SENDIRI.


Gambar 1. Tipuan Download Microsoft

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg