Monday, October 13, 2008

Handphone EV-DO Nokia yang Pertama

Penulis iseng-iseng ingin mengupdate database penulis terhadap hp Nokia CDMA yang notebene jelek (dalam arti jaringan yang didukung masih 2G aka CDMA 2000 1x doang). Karena tidak ada alternatif handphone CDMA yang mudah digunakan dan kuat serta murah selain Nokia, maka mau tidak mau penulis selalu mengupdate HP CDMA versi Nokia.

Penulis sudah sering cerita bahwa pada tahun 2003 (5 tahun yang lalu), penulis mencari HP Nokia CDMA EV-DO susahnya minta ampun. Jangankan Nokia, HP apapun dengan duit berapa pun tidak ada. Padahal CDMA EV-DO merupakan penerus dari CDMA 2000 1x yang sudah lama keluar.

5 tahun berlalu. Sepertinya Nokia sudah belajar dari kesalahan masa lalu walau belum sempurna. Pengetahuan penulis tentang Nokia adalah Nokia itu suka loncat-loncat. Misalkan ada level 1, 2, 3, 4, dan 5. Lalu awal-awal semua HP mendukung level 1. Satu tahun kemudian semua HP mendukung level 2, kecuali Nokia. Dua tahun kemudian semua HP mendukung level 3 kecuali Nokia. Maka Tiga tahun kemudian, bisa-bisa Nokia langsung mendukung level 5.

Analogi ini cocok untuk kualitas layar LCD warna Nokia. Pada saat LCD 256 warna sedang ngetren, jangan harap bisa menemukan hp Nokia dengan LCD warna 256. Beberapa waktu kemudian Nokia langsung loncat dari monochrome ke 4096. Semoga saja hal ini juga berlaku untuk CDMA.

Penulis tiba-tiba membaca berita bahwa Nokia tahun ini memproduksi handphone CDMA EV-DO yang pertama. Model yang mendapat kehormatan itu adalah 7205. Semoga saja Nokia CDMA yang low-end aka Murah dapat segera muncul dengan kemampuan yang sama (tentu saja harga murah kerena layar, body, dll selain teknologi singnal yang lebih murah).

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg