Thursday, October 23, 2008

Bhinneka Tidak Bertanggung Jawab

Siang ini penulis dikejutkan oleh teman penulis yang menanyakan VGA Sapphire HD4870 itu "VGA apa? Baguskah? Kok harganya cuma 350 an YEN atau 32 ribu an". Penulis sempat kaget. Karena jelas Radeon HD 4870 merupakan VGA flagship AMD untuk single card.

"Ah paling salah harga", begitu pikirku. Lalu saya suruh aja checkout. Pasti ketahuan. Ternyata checkout pun tetap seperti gambar dibawah ini:

Buru-buru penulis pesan dan transfer uang. Satu jam kemudian penulis menerima email yang menyatakan bahwa itu adalah salah. Disini terlihat bahwa Bhinneka tidak bertanggung jawab. Dalam hal ini yang salah siapa? Jelas-jelas penjual. Sebagai bentuk tanggung jawab yang benar adalah barang-barang yang terlanjur dipesan harus dikirim.

Kasus seperti ini pernah terjadi di luar negeri. Laptop seharga $4000 ditulis $400. Orang-orang berpikir bahwa sedang ada promosi, lalu berbondong-bondong membeli laptop tersebut. Perusahaan penjual baru menyadari beberapa saat kemudian. Tapi perusahaan ini dengan penuh tanggung jawab tetap mengirimkan pesanan yang sudah terlanjur.

Mengapa demikian? Aturannya simple. Kalau sudah DEAL ya tidak dapat diganggu gugat. Contoh nyata lain, yang serupa tapi tak sama. Penulis pernah membeli modem dari sebuah toko online. Beberapa hari setelah penulis beli, harga modem tersebut turun seratus ribu. Penulis tidak dapat berbuat apa-apa, karena penulis sudah DEAL dengan harga sebelum turun. Itu namanya tanggung jawab.

Demikian juga dengan kasus diatas. Kalau mau enaknya sendiri, penulis minta aja potongan harga dikembalikan. Kan sama-sama tidak tanggung jawab / curang. Salah satu hal yang membuat Bangsa Indonesia tidak maju adalah kata "Ini Indonesia, mau ya apa lagi (--> untuk hal-hal yang jelek)".

Kenapa sih kita tidak mau meniru hal-hal yang baik? Kalau diluar negeri ada kesalahan penjual maka penjual harus bertanggung jawab. Tidak hanya meralat harga, tapi semua pembelian sebelum ketahuan kesalahan harga harus dikirim. Hal ini sekali lagi disebabkan kesalahan penjual! Dengan melakukan hal ini maka dari sisi penjual, pegawai akan lebih hati-hati.

Mengapa demikian? Karena selisih harga yang terlalu murah akan dipotongkan gaji. Karena tidak ingin gajinya dipotong maka kalau menginput data harus hati-hati. Tapi kalau sudah sejadian sewajarnya (se-ceng-li-nya) sebagai bentuk tanggung jawab, kirimkanlah barang tersebut dengan harga saat pemesanan.

Berikut ini adalah konfirmasi email dari Bhinneka:

=============================================================

Kami menerima pemesanan atas nama Mr. xxx dengan email xxx@gmail.com untuk pembelian sejumlah produk sesuai dengan data di bawah ini. Silakan melakukan pembayaran via transfer ke rekening: BCA, atas nama Hendrik Tio # 4900-028-917. Cantumkan id pesanan Anda saat transfer.

Setelah selesai membayar, mohon konfirmasi pembayaran Anda dengan mengisi form yang disediakan. Silakan klik sini untuk form. Jika Anda menemui kesulitan atau membutuhkan informasi tambahan, silahkan menghubungi sales@bhinneka.com atau telepon 021-4261617, 021-4229555.

Data pesanan produk yang kami terima adalah sebagai berikut:
Tanggal Transaksi : 23 Oct 2008

Dipesan oleh : Mr. xxx
Email : xxx@gmail.com
Nomor ID Pesanan : 51111705
NAMA PRODUK : SAPPHIRE HD4870 1GB(SKU00508885)ATI RADEON HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0

HARGA Rp.32,354
QTY 1
Kgs 1
TOTAL Rp. 32,354

SUB TOTAL Rp. 32,354

Jasa pengiriman yang Anda pilih :Tarif Regular TIKI (XXX) Rp. 25,000

TOTAL Rp. 57,354

Nama Penerima : Mr. xxx
Alamat Lengkap : Jalan xxx YY
xxxxx 111111
Jawa XXX
Alamat Pengiriman : Jalan XXX YY
XXXXX 11111
Jawa XXX
Telepon : xxx
Ponsel: xxx
Catatan:
Syarat dan kondisi:
1. Hanya pesanan yang telah melakukan pembayaran yang akan diproses untuk pengiriman.
2. Pesanan belum termasuk PPn 10%.
3. Harga dan stok dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Terima kasih telah berkunjung dan berbelanja di Bhinneka.Com
Salam dan selamat berkarya,Bhinneka.Com

=================================================================

Satu jam an penulis mendapatkan email lain:

Yth. Bapak xxx,

Terima kasih atas kunjungan dan email Anda ke website kami.
Saat ini produk tersebut ready, namun limited stock.
Mohon maaf Pak di web kami terdapat kesalahan harga. Harga seharusnya dalam bentuk $ bukan dalam YEN.
Sehingga Harga Barang $325 = Rp 3,282,500,-
Total dengan Tarif TIKI Reguler = Rp 3.307.500,-

Mohon untuk segera konfirmasi dengan menyertakan bukti transfer kepada Dea baik melalui email ini (deasy.novianingsih@bhinneka.com) atau melalui fax 021- 4257787, supaya Pemesanan Anda dapat segera di proses.
Terima kasih.

Regards,

De@BHINNEKA.COM
021-68987734
Jl.Gunung Sahari Raya no. 73C 5-6
Jakarta Pusat - Indonesia
Call :62-21-4229555 - 4261617 Ext.325/326
Fax :62-21-4257787
Email :deasy.novianingsih@bhinneka.com

=================================================================

Benar-benar Bhinneka tidak bertanggung jawab!

No comments:

Post a Comment