Saturday, September 27, 2008

Halaman Driver Notebook / Laptop DELL yang Baru

Saya dulu ingat, bahwa saya pernah komplain untuk apa memasukkan service tag pada website DELL. Kalau cuma untuk jenis laptop aja misalnya Dell Latitude D630, tentu tidak membantu. Hal ini disebabkan laptop yang bernama DELL LatitudeD630 memiliki banyak macam konfigurasi. Dua contoh perbedaan konfigurasi adalah VGA. D630 ada yang menggunakan Intel VGA Onboard dan ada yang menggunakan Nvidia Quadro NVS 135M.


Pada download driver bagian VGA, kita diberi dua file. Satu untuk Intel dan satu untuk driver VGA Nvidia. Hal ini tentu saja membingungkan orang awam. Hari ini penulis dikejutkan oleh website DELL yang telah diubah. Perubahan yang terjadi adalah pada bagian driver sekarang ada 2 tab / bagian. Bagian pertama adalah hanya hardware yang terdapat pada service tag ini dan bagian kedua adalah semua hardware yang mungkin terpasang pada D630.


Pada kasus penulis, bagian pertama untuk driver VGA hanya menunjukkan VGA Nvidia Quadro NVS 135M yang sesuai dengan service tag. Hal ini sangat berguna karena orang awam bisa langsung download semua dan pasti jalan. Berikut ini adalah gambarnya:


Gambar 1. Halaman Driver DELL yang baru.


Seperti yang diberi kotak pada gambar bagian bawah, kita sekarang dapat memilih driver yang benar-benar sesuai service tag kita. Jadi kita tidak akan mungkin tertipu dengan hardware dummy seperti build in cell phone di bawah baterai DELL yang ternyata baru bisa berfungsi jika kita menambah modul lain. Saya tidak mengetahui apakah driver-driver pada laptop lain juga sudah seperti ini. Tapi kelemahan Driver DELL adalah SELAIN BIOS semua driver benar-benar "outdated" atau kadaluarsa.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg