Friday, August 29, 2008

Website Lion Air Membingungkan

image

Ketika suatu saat saya ingin terbang ke Palu, Sulawesi. Saya memilih sebuah tanggal dan jurusan. Ternyata, pada tampilan nomor 1, terdapat tulisan ONE WAY, SUB PLW. Tentu saja kita akan tidak pernah membaca tulisan kecil “No Schedule Available”, meingingat bahwa Terms And Condition telah tercetak, dan bahkan tombol “Go to Step 3” dapat diklik.

Setalah itu, muncul sebuah alert “Incomplete Itinerary”. Suatu website berbahasa Indonesia, memunculkan tulisan aneh, yang bahkan para programmer yang saya tanya, tidak mengerti arti error message tersebut. User friendly bukan?

Ini adalah salah satu contoh website yang cukup membingungkan dan sangat tidak menerapkan aturan HCI (Human Computer Interaction), dimana salah satu prinsip dari HCI adalah Ease Of Use. Tak kaget bila para ibu dan bapak-bapak selalu saja mengeluh ketika booking tiket lewat Lion Air, apalagi bagi mereka yang pandangan matanya agak kurang. Dijamin sekali mereka akan mengklik-klik tombol “Go To Step 3” dengan frustasi.

image

Yang terjadi mungkin bukan seperti salah satu slogan Lion Air di atas, yang terjadi mungkin justru “Waste Your Time”. Apakah analisa saya salah?

Mungkin komputer anda dapat membantu :)

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg