Sunday, August 3, 2008

Hati-hati membeli VGA Nvidia Berkode G84 dan G86 CACAT

Beberapa minggu belakangan ini telah dunia IT telah digemparkan oleh kejadian besar. Sayangnya kejadian itu bukan kejadian baik, melainkan kejadian buruk. SEMUA LAPTOP DI DUNIA YANG MENGGUNAKAN VGA NVIDIA G84 / G86 DIPASTIKAN CEPAT / LAMBAT AKAN RUSAK. Berita menggemparkan ini pertama-tama datang dari HP (Hewlett-Packard). Tidak lama setelah itu, berita lainnya juga datang dari DELL. Banyak laporan kerusakan dari laptop kedua perusahaan besar itu. Yang setelah dilacak kerusakan tersebut berasal dari VGA Geforce Geforce 8300GS, Geforce 8400GS, Geforce 8500 GT, 8600 GS, 8600 GTS versi mobile. Selain VGA tersebut juga VGA yang Quadro yang sejenis (G84GL dan G86GL versi mobile).

Jadi kalau anda ingin membeli laptop dengan vga discreet / tidak onboard, beli saja VGA Ati atau Nvidia Geforce 9. Kalau perlu beli juga beserta sistem Centrino 2 yang barusan ini telah diluncurkan oleh Intel. Bagi anda yang telah terlanjur membeli laptop dengan VGA yang CACAT silahkan print beberapa artikel google dibawah dan tanyakah ke deller yang bersangkutan. Yang pasti kalau VGA anda benar-benar Nvidia G84 / G86 dan dealernya bilang tidak ada masalah, maka mereka BOHONG!!!

Cepat atau lambat VGA G86 / G84 anda akan rusak karena CACAT produksi. Jadi sebisa mungkin ganti VGA atau tidak tahu caranya bagaimana. Yang paling menyedihkan adalah penulis juga korban dari masalah ini. Laptop penulis Dell Latitude D630 juga menggunakan Quadro NVS 135 yang kodenya juga G86. Laptop penulis sekarang sedang tidak bisa menyala seperti Toshiba Tecra S1 penulis yang dulu. Bedanya kalau dulu yang salah adalah DESAIN Toshiba Tecra S1, kalau yang sekarang itu Nvidia bukan DELL. Semoga saja DELL bijaksana dengan menganti VGA saya dengan mungkin Geforce 9400 dan sejenisnya yang bebas masalah :).

Sumber:
Google 1
Google 2

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg