Saturday, August 2, 2008

Aplikasi di kantong Anda

Apakah Anda adalah seorang yang sering berpindah-pindah lokasi dalam penggunaan komputer, seperti bekerja di kantor dan juga menggunakan komputer di rumah? Atau Anda perlu menggunakan aplikasi tertentu di PC teman Anda atau di warnet? Atau Anda membutuhkan aplikasi yang Anda butuhkan di sekolah/kampus, ataupun kantor dimana Anda tidak diperbolehkan untuk memasang aplikasi? Yang dibutuhkan hanyalah sebuah USB Flash Drive. Aplikasi ini bisa berjalan dengan baik di Windows maupun Linux.  Berikut adalah langkah-langkahnya.

Artikel ini saya pisah dalam dua subartikel yaitu A dan B, dimana Anda bisa memilih aplikasi Anda sendiri ataupun menggunakan semacam "paketan" aplikasi.

A. Pilih sendiri aplikasi Anda
1. Download PortableApps Platform Menu dari http://voxel.dl.sourceforge.net/sourceforge/portableapps/PortableApps.com_Platform_Setup_1.1.exe
2. Setelah diinstal, dobel klik aplikasi tersebut dan ikuti wizard yang muncul untuk menginstalasi pada USB Flash Drive Anda.
3. Pilih Aplikasi sesuai kebutuhan Anda di  http://portableapps.com/apps. Setelah itu, simpan di sebuah direktori khusus di My Documents.
4. Klik icon PortableApps yang berlogo panah putih di taskbar atau dobel-klik file StartPortableApps.exe di Flash Drive untuk memunculkan PAMenu. Klik Options di sebelah kanan, klik Install A New App. Pilih aplikasi yang sudah Anda simpan di langkah nomor 3 yang berekstensi .exe.paf. Ikuti wizard untuk menginstalasinya (biasanya cukup klik next saja, namun berbeda untuk setiap aplikasi). Lakukan ini untuk setiap aplikasi yang Anda download di langkah 3.
5. PortableApps siap digunakan!

B. Aplikasi Paketan
Silahkan pilih antara Suite Light dan Suite Standard pada halaman http://portableapps.com/download . Perbedaannya adalah Suite Light membutuhkan 256MB Flash drive sedangkan Suite Standard membutuhkan 512MB Flash Drive. Perbedaan aplikasi bisa dilihat di halaman tersebut.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg