Monday, July 14, 2008

Komponen Yang Sering Digunakan Dalam Borland Delphi

1. Komponen Standard

clip_image002

· MainMenu : untuk menampilkan menu bar yang terletak pada bagian atas sebuah form. 90% aplikasi yang ada di seluruh dunia memiliki Menu Bar.

· PopUpMenu : untuk menampilkan suatu popup menu dengan koordinat tertentu pada form, biasanya menu ini muncul dengan penekanan tombol kanan mouse. Untuk menampilkannya dapat digunakan method popup (x, y:integer).

· Button : digunakan proses apa yang harus dilakukan apabila tombol ini di tekan

Property yang biasa digunakan :
> Caption -> untuk mengubah teks button
> Enabled -> untuk mengubah enabled button.
Event yang biasa digunakan :
> Onclick -> dijalankan ketika tombol diklik/ditekan.

· Label : untuk menampilkan suatu teks pada form. Property yang digunakan adalah untuk menyimpan teks tersebut adalah Caption.

· Edit : untuk menerima input berupa teks dari user.

Property yang biasa digunakan :
> Text -> untuk menampung isi teks inputan dari User.
> MaxLength -> untuk menentukan panjang karakter yang dapat diinputkan.
> Password Char -> apabila diisi dengan suatu karakter, maka setiap huruf yang di Ketikkan akan digantikan dengan karakter tersebut. Nilai defaultnya adalah #0 (teks akan ditulis apa adanya).
> Enabled -> TRUE, pemakai dapat menginputkan teks. FALSE, tidak dapat diinputkan apapun.

  • RadioButton dan RadioGroup : Untuk memberikan option-option yang harus dipilih oleh pemakai secara eksklusif (hanya satu Option saja).
  • CheckBox : untuk memilih kondisi On/Of (check atau Uncheck).
    Property yang diggunakan adalah checked yang bertipe Boolean (true -> On)
  • GroupBox dan Panel : merupakan komponen yang disebut juga sebagai objek container, gunanya untuk mempermudah pengaturan dan pengelompokan objek-objek yang ada. Sebenarnya form juga suatu objek container yang dapat menampung banyak komponen lainnya.
  • ListBox dan ComboBox : untuk menampung kumpulan string yang dapat dipilih dengan menggunakan mouse ataupun keyboard. Khusus untuk ComboBox, selain dapat dipilih pemakai juga dapat mengetikkan string yang diinginkan, sehingga dapat memberikan fasilitas auto complete. Property yang digunakan untuk memanipulasi string pada komponen ini adalah Item.

2. Komponen Additional

image

  • BitBtn dan SpeedButton : merupakan tombol yang dapat menampilkan gambar bitmap (glyph) didalamnya.
  • MaskEdit : berfungsi sama dengan Edit, lebih cocok untuk digunakan untuk pengisian password, tanggal, nomor telpon, waktu dimana outputnya mempunyai karakter dan format tertentu.
  • StringGrid : untuk menampilkan kumpulan string dalam bentuk array dua dimensi (baris dan kolom). Untuk memanipulasi string yang ada digunakan property cell

Semoga bermanfaat

1 comment:

  1. additionalnya.. ga lenkap?? lenkap.na dimana?

    ReplyDelete


Powered By Bloomberg