Wednesday, July 9, 2008

Branded, Apakah Itu?

Menurut survey dari 100 orang, sekitar 90 orang di dunia ini adalah Branded. Apakah branded itu?

Menurut definisi ficforlife.com, branded adalah sebuah perilaku dimana rasa ingin memiliki sebuah barang, didasarkan pada suatu merk tertentu.

Misal !!!!

  • Nasi goreng di restoran Ah Yat lebih enak daripada di emperan/warung Frateran
  • Steak buatan Boncafe selalu paling enak dibandingkan steak yang lebih murah
  • Camera Digital Sony yang lebih mahal selalu lebih baik gambarnya daripada camera digital Canon
  • Prosesor C2D di Vaio lebih baik daripada Prosesor C2D tipe sama di merk Acer

Salah satu iklan yang mengajak kita untuk tidak Branded, dan yang saya ketahui dari TV adalah Pembasmi serangga HIT. “Yang lebih mahal banyak, yang lebih bagus dari HIT…. ?” Nah, jadi apakah branded itu? Branded lebih mengarah pada pembelian merk yang tidak selalu ditunjang dengan perbandingan kualitas harga. Sebagai contoh adalah nasi goreng dan steak tadi.

Pernahkah anda berpikir, bahwa APABILA nasi goreng Ah Yat dan nasi goreng Pak Jo ditukar? Apakah lidah anda akan berkata : “Ah!!! nasig oreng Ah Yat memang tetap paling enak” ????????? Apabila sampai di lidah anda, meskipun nasi Pak Jo terbaring di meja Ah Yat, dan anda berkata bahwa nasi Pak Jo yang berada di meja Ah Yat tetap enak, maka anda BRANDED KELAS KAKAP !!! Atau dapat disebut juga …. Idiot… Mungkin yang membuat enak adalah meja Ah Yat?

Well… Demikian pula dengan pemilihan barang elektronik. Apakah anda akan membeli sticker? stempel? Anda paling tahu jawabannya apakah anda BRANDED.

Apakah anda branded?

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg