Thursday, June 19, 2008

Free Autodesk Maya 8.5 PLE

Anda ingin menggunakan software modeling yang terkenal, gratis, dan LEGAL? Sekaranglah kesempatannya. Software modeling yang terkenal di dunia ini awalnya adalah 3Ds Max. Kemudian disusul oleh Maya. Pada jaman dahulu 3Ds Max (bukan 3DMark) digunakan untuk membuat game / animasi. Sedangkan Maya digunakan untuk membuat film. Tapi sekarang ini semua telah dibeli oleh satu perusahaan yaitu Audodesk. Tidak cuma itu dengan perkembangan yang pesat, kedua program mulai memiliki kemampuan yang hampir sama.

Autodesk memberi kita Maya 8.5 PLE (Personal Learning Edition) gratis! Lucunya model software Maya 8.5 ini mirip seperti Linux / program Open Source dimana uang digunakan untuk bantuan / dukungan. Jadi karena program ini gratis, anda tidak akan mendapatkan bantuan / dukungan apapun dari Autodesk. Selain itu program ini juga tidak mengijinkan jika ingin dipakai komersial. Maya 8.5 PLE hanya gratis untuk pengunaan personal.

Jika anda tertarik, anda dapat mendapatkannya di sini (login + mengisi form dulu). Anda juga bisa mendownload brosur di sini. Anda dapat membaca FAQ di sini. Berikut ini adalah batasan-batasan Autodesk Maya 8.5 PLE secara umum:
- Ada Watermark dalam setiap hasil output.
- Hanya dapat menggunakan satu prosesor.
- Maya PLE berdasarkan Maya biasa, bukan Maya Unlimited, jadi fitur-fitur pada Maya Unlimited tidak ada.
- Hanya terdapat versi 32 bit saja.
- Batasan yang lain lengkapnya baca FAQ (link diatas).

Jadi kalau anda tidak membutuhkan fitur-fitur penuh Maya komersial (baca dulu FAQnya), maka anda silahkan download saja. Lumayan buat belajar.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg