Wednesday, May 14, 2008

Bug pada Comodo Firewall Versi 3 Terbaru

Comodo ternyata mengandung banyak bug. Yang paling menjengkelkan tentu saja kita tidak dapat menekan tombol OK / Cancel dengan keyboard pada saat Comodo memberikan konfirmasi. Disatu sisi hal ini menguntungkan user. Karena saat user sedang gencar-gencarnya mengetik maka user tidak dapat menekan OK secara tidak sengaja. Disisi lain kalau mouse anda lagi rusak, maka anda tidak akan dapat menekan OK, kecuali dengan menggunakan mouse key (accessibility option).


Bug lain yang cukup mengganggu adalah ketidakkonsistenan dalam memberikan status. Lihat gambar 1. Pada gambar 1 terdapat 5 hal yang menyatakan status dari Comodo Agent. Nomor 1 tentu aja dari applikasi utama. No 2 dari status bar applikasi utama. No 3 dari task manager. No 4 dari diagnosis mode. No 5 dari icon Comodo di taskbar. Masalahnya no 1 dan 2 menyatakan bahwa Comodo Agent sedang tidak aktif. Sedangkan no 3, 4, dan 5 menyatakan hal yang sebaliknya.



Anehnya saat aplikasi Comodo dimatikan melalui File -- Exit (atau Shutdown Firewall) dan dinyalakan kembali maka no 1 dan 2 mendukung no 3, 4, dan 5. Benar-benar aneh. Sebagai catatan Comodo adalah satu-satunya Firewall yang penulis tahu yang kita tidak bisa memberikan pilihan konfirmasi melalui keyboard. Semoga bug ini diperbaiki pada versi berikutnya. Catatan 2. Penulis menggunakan Comodo X64 pada Windows Vista Business X64 Service Pack 1 Genuine.


Gambar 1. Ketidakkonsistenan Status Comodo Agent

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg