Wednesday, April 30, 2008

Tips Hemat Membeli Notebook

Tips ini berlaku universal untuk semua model notebook. Dalam membeli notebook ada 2 bagian yang bisa kita beli sendiri. Bagian itu adalah harddisk dan memory. Sayangnya banyak produsen laptop yang "mencekik" pembeli dengan menawarkan upgrade memory yang mahal. Kadang-kadang bisa sampai 100% lebih mahal daripada yang dijual umum. Walaupun harddisk masih tidak semencekik memory, tapi harddisk juga masih lebih murah di umum.

Tipsnya adalah kalau membeli notebook berusahalah untuk meminta memory dan harddisk sekecil mungkin. Kalau bisa tanpa kedua hardware itu malah lebih bagus. Kemudian belilah harddisk dan memory di toko-toko komputer biasa. Sebagai perbandingan mengenai harga memory yang mencekik anda dapat melihat pada Tomshardware. Pada artikel itu secara singkat dibahas mengenai perbedaan harga memory dari produsen laptop dan memory dari toko komputer umum. Selain itu pada artikel itu juga dibahas apakah menggunakan memory 4 GB dapat meningkatkan baterai. Kebetulan laptop yang digunakan sebagai percobaan sama dengan milik penulis.

Contoh nyata kasus memory penulis membeli Dell Latitude D630, yang dipersenjatai dengan memoru 1 GB x 2. Penulis sebenarnya sudah meminta memory yang sekecil mungkin, tapi dapatnya ini. Kemudian penulis upgrade ke memory 2 GB x 2. Penulis hanya perlu menambah $41 untuk 2 GB x 1 memory Apacer. Ada yang janggal? Ya benar. Memory asal penulis sudah penuh menggunakan 2 slot, bagaimana mungkin penulis bisa menyulap 1 GB x 2 menjadi 2 GB x 2. Jawabanya tukar tambah. Dengan memory yang masih segel dan kinyis-kinyis maka nilai tukar tambah dapat dianggap mendekati baru. Mengenai harddisk karena penulis masih merasa 80 GB 7200 rpm cukup, maka penulis tidak perlu menganti ke yang lebih besar.

Kelemahan melakukan hal ini adalah dibutuhkan orang /teman yang berpengetahuan untuk mengutak-ngatik hardware PC. Beberapa notebook seperti milik penulis memiliki satu modul ram di bawah keyboard, dimana untuk mengaksesnya dibutuhkan untuk membuka garansi. Solusinya adalah jika kita sudah deal laptop, maka kita membeli dulu memory di toko lain. Kemudian meminta toko tempat kita membeli laptop untuk memasangkannya.

Selamat mencoba :).

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg