Wednesday, April 16, 2008

Rahasia Setting Kualitas Terbaik dan Kecepatan Tercepat dari Printer Canon

Beberapa printer Canon telah dapat menggunakan resolusi sampai dengan 9600 dpi. Tapi tahukah anda bahwa resolusi itu tidak akan pernah anda pakai. Pada driver printernya setting 9600 dpi hanya tersedia di custom. Bahkan jika anda menggunakan kertas terbaik (Canon Photo Paper Pro) dan kualitas terbaik (High), printer Canon masih belum menggunakan resolusi 9600 dpi.

Berikut ini adalah cara menggunakan resolusi 9600 dpi pada printer Canon yang mendukung. Penulis menggunakan contoh printer Canon Pixma IP4200. Caranya masuk ke printing preference, pilih kertas Canon Photo Paper Pro. Kemudian klik tombol custom, geser slider ke angka 1 (paling kanan). Setting kualitas angka 1 hanya bisa dipilih jika menggunakan kertas Canon Photo Paper Pro. Setting ini selain memungkinkan penggunaan resolusi 9600 dpi, juga menggunakan kombinasi tinta 6 warna pada printer yang mendukung. Penggunaan tinta 6 warna tersebut akan membuat hasil cetakan lebih nyata. Rahasia lainnya adalah jika anda menggunakan setting tersebut tapi pada kenyataan anda menggunakan kertas biasa atau kertas foto lain, maka kualitas cetak tersebut masih tetap bagus.

Pada printer selain Pixma IP 4200, jika anda ingin kualitas no 1, maka anda melakukan tip diatas juga. Tips diatas mencerminkan kemampuan printer Canon seperti yang tertera pada kotak printer :D (dalam hal kualitas). Kelemahan mode ini ada dua, satu yaitu waktu mencetak lama bisa beberapa menit (sekitar 5 menit) untuk satu halaman, yang kedua tinta yang digunakan paling boros (dibanding mode yang lain).

Sedangkan kalau anda ingin printer Canon anda "Goes Like Hell" alias cepat banget ngeprintnya, maka berikut ini caranya. Masuk ke printer preference, pilih kertas plain paper. Klik tombol custom, pilih setting 5 (paling kiri). Hasil cetakan setting no 5 lebih buruk dibanding setting draf / fast / super econo (no 4). Jika anda membutuhkan kecepatan dan bukan kualitas maka setting ini dapat dipilih.

Sedangkan pada paragraf sebelumnya akan mencerminkan kecepatan Printer Canon yang tertera pada kotak pembelian. Kelebihan lainnya adalah tinta yang digunakan sangat sedikit.

Catatan, setting kualitas 5 artinya super fast, 4 artinya fast, 3 artinya standard, 2 artinya high quality, dan 1 artinya ultra high quality. Jika anda memilih kertas Canon Photo Paper Pro, maka anda hanya dapat memilih kualitas no 1 sampai 3. Sebalikanya kalau anda menggunakan kertas plain paper anda hanya dapat memilih kualitas 5 - 2. Tapi anda tetap dapat menggunakan setting kertas Canon Photo Paper Pro dengan kualitas 1 pada kertas plain paper biasa atau kertas foto lain dengan kualitas yang tidak kalah menabjubkan. Anda dapat melihat gambar 1 pada printing preference dan gambar 2 untuk kotak dialog custom. Jika anda ingin membaca teknical detail silahkan baca buku service manualnya. Untuk Canon Pixma IP 4200 dapat dilihat disini.

Gambar 1. Printing Preference


Gambar 2. Kotak Dialog Custom

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg