Sunday, April 20, 2008

Kebalikan Tukang Rename

Penulis pernah menulis artikel tentang Tukang Rename. Secara sekilas intinya adalah mendongkrak penjualan dengan merubah nama barang lama ke barang baru. Contoh Radeon HD 2400 menjadi Radeon HD 3200. Ternyata ada praktek jahat lagi yaitu kebalikan Tukang Rename. Penulis belum tahu istilahnya apa.

Praktek tersebut adalah membuat produk baru yang benar-benar berkualitas, tapi tetap mempertahankan nama produk lama. Tujuan utama praktek jahat ini adalah menghabiskan stok produk lama. Yang paling terlihat jelas adalah Intel Centrino. Dari tahun 2003 sampai tahun 2007 meski sudah beberapa generasi, namanya tetap Intel Centrino. Pada 2007 Intel baru mengupdate Centrino dengan nama Centrino Pro dan Centrino Duo. Pada 2008 nanti Intel akan mengeluarkan Centrino 2. Tapi dari tahun 2003 sampai dengan 2007, bagaimana kalau anda tidak tahu hardware dan ingin mendapatkan Centrino terbaru?

Praktek jahat ini juga masih berlaku pada tahun 2008. Produsen hardisk Western Digital (bukan Westren Digital) telah membuat harddisk baru dengan menggunakan 320 GB / platter. Penggunaan platter baru ini tentu saja dapat meningkatkan performa harddisk. Secara teori biasanya kapasitas harddisk sama dengan kapasitas platter x jumlah platter. Jadi harddisk 640 GB bila menggunakan 320 / platter maka hanya diperlukan 2 platter. Gampang kan :). Berikutnya bagaimana dengan harddisk berkapasitas 320 GB? Gampang tinggal 320 GB / platter x 1. Benar?

SALAH BESAR!!! Kalau harddisk 320 GB termasuk memecahkan rekor kapasitas (belum pernah ada HDD 320 GB sebelumnya), maka hal itu benar. Tetapi dengan kapasitas HDD sekarang yang sudah 1 TB apalah artinya harddisk 320 GB. Nah bagaimana cara anda mengetahui kapasitas harddisk anda 320 GB itu 1 biji 320 / platter atau 2 biji 160 / platter? Anda mungkin berpikir MODEL NUMBER. Kalau jawaban anda benar, maka artikel ini tidak perlu ada :(.

Masalahnya disana. Harddisk 320 GB yang menggunakan 1 biji 320 GB / platter dari Western memiliki model number WD3200AAKS. Padahal model ini juga digunakan pada harddisk WD yang memakai 160 GB / platter atau model lama. Dengan tidak berubahnya model number ini membuat jebakan yang sangat parah. Anda membaca review hardware, lalu anda tertarik pada sebuah artikel HDD yang super cepat dengan harga murah (walaupun menggunakan 320 / platter kalau kapasitasnya hanya 320 GB, harganya tidak akan jauh berbeda dari 160GB / platter 2 biji).

Setelah mengetahui model numbernya anda pasti berpikir bahwa model number ini pastilah hanya mewakili 1 macam barang. Jadi aku mau barang X, model numbernya Y. Lalu kita mencari model number Y, dengan harapan mendapatkan barang X. Maka bersiap-siaplah kecewa. Tidak semua model number Y = barang X. Ternyata pendahulu X misalnya W juga menggunakan model number Y. Karena itu praktik jahat seperti ini sangat menipu konsumen.

Kesimpulan:

Hati-hati kalau membeli barang. Teliti dahulu. Jangan sampai terkena praktik jahat rename, maupun praktik jahat kebalikan rename.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg