Sunday, February 3, 2008

Alasan Internet Indonesia Pelan dan Mahal (Slow and Expensive)

Berikut ini adalah petikan chatting dengan "pakar" pembela kebenaran Adi Sutanto yang juga editor dari blog ini:

17:55
adi_sutanto83:
jelas2 internet indo mahal karena infrastruktur internet gak memungkinkan
adi_sutanto83:
percuma kamu mau demo sampe mati pun harganya gak bakal turun
hok_83:
ck3
hok_83:
yo bukan gitu...
hok_83:
kok isa gak memungkinkan ?
adi_sutanto83:
koq isa bukan gitu loh wis2
adi_sutanto83:
justru karena itu koq
hok_83:
kalau semua orang wis kecuci pikiran e ama aku, pasti hargane turun ....
hok_83:
:D
hok_83:
Di....
hok_83:
kamu gak tahu orang sini ya?
adi_sutanto83:
lihat aja indo mana ada fiber optik sebanyak amerika
hok_83:
lek isa jual mahal, ngapain jual murah...
adi_sutanto83:
ngawurmu wis2
hok_83:
mamaku ya gitu....lek isa jual dengan untung besar dan masih tidak terlalu mahal

18:00
hok_83:
ya why not
adi_sutanto83:
jelas2 alasannya karena infrastruktur
hok_83:
selama masih lebih murah daripada di jalan utama (baca pertokoan pusat kota di Mojopahit) ... (ini kan dipasar)...
hok_83:
adi_sutanto83:
jelas2 alasannya krn infrastruktur --> jelas2 itu alasan kuno....dan gak diperbaiki sd karang....
adi_sutanto83:
ya semurah apapun tetap ada batasnya
hok_83:
wis puluhan tahun...
hok_83:
kalau gak dikerasi...tak jamin ini adalah alasan pamungkas sd puluhan tahun kedepan....
adi_sutanto83:
ya namanya juga duit dikorupsi, mana bisa bangun fiber optik
hok_83:
justru itu perlu dikerasi...
hok_83:
tahu ndak waktu ospek masuk stts, debat tentang kenaikan tarif telpon ?
hok_83:
perusahaan bumn sini suka dibilang rugi daripada untung
hok_83:
lek rugi mereka bisa dijadikan alasan buat naik harga
hok_83:
dengan dalih rugi + peningkatan pelayanan....
hok_83:
tapi sd 2008 ya tetep ae
hok_83:
kualitasnya ya gitu2 ae
adi_sutanto83:
wis2
hok_83:
naik malah wis beberapa kali...
hok_83:
lek misal e bumn kita beli franchaise
hok_83:
seperti pizza hut
hok_83:
kira2 jadi kayak apa ya ?
adi_sutanto83:
ya jadi ngawur
hok_83:
1. Tiap tahun pasti rugi, tapi gak tutup2
hok_83:
2. harga pasti lebih mahal dari di manapun di seluruh dunia..
adi_sutanto83:
wis2
hok_83:
3. mboh yg jelek2 lainnya
hok_83:
terus semua pembelian fransise yang di indonesia
hok_83:
harus melalui bumn ini
hok_83:
:D
hok_83:
bumn ini berkilah....
hok_83:
demi melindungi makanan local
hok_83:
jadi alasan no 2 = benar :D
hok_83:
so ?
hok_83:
bumn lek rugi terus tiap tahun yang benar ya bangkrut / tutup....lek terus beroperasi itu ya memalsukan kerugian....

Ya demikianlah cuplikan chatting dengan editor kita :). Jika anda masih bingung dengan topik chatting ini, silahkan buka link disini. ALASAN UTAMA KENAPA INTERNET KITA PELAN DAN LAMBAT ADALAH KARENA ORANG-ORANG YANG BERKEPENTINGAN TIDAK MAU MEMBUAT INTERNET KITA CEPAT DAN MURAH. KALAU MAHAL MASIH LAKU, KENAPA HARUS MURAH? SELAIN ITU ALASAN LAINNYA ADALAH KITA KALAU BUAT ISP TIDAK BOLEH BELI BANDWIDH LANGSUNG KE LUAR NEGERI, LALU MEMBERI HARGA SEPERTI DILUAR NEGERI. MELAINKAN KITA HARUS MEMBELI DARI PERUSAHAAN LOCAL (TELKOM), DENGAN HARGA INTERNET INDONESIA PADA UMUMNYA. COBA PIKIR, KALAU ADA SATU (CUKUP SATU) SAJA ISP YANG BOLEH MEMBELI BANDWITH KE LUAR NEGERI LANGSUNG DENGAN HARGA LUAR NEGERI, MAKA BANDWITDH TELKOM TIDAK AKAN LAKU (KARENA KEMAHALAN TADI), DAN TELKOM AKAN BANGKRUT. UNTUK MENGHINDARI TELKOM BANGRUT, SEMUA ISP DISURUH MEMBELI BANDWIDTH SUPER MAHAL MILIKNYA TELKOM. ITULAH SALAH SATU ALASAN INTERNET INDONESIA MAHAL, DISAMAPING BEBERAPA ALASAN LAINNYA YANG TELAH DISEBUTKAN DIATAS.

Logikanya, satu Big Mac di Amerika $15, kenapa disini bisa 15 ribu rupiah? Jelas-jelas $15 adalah hampir 150 ribu rupiah. Seperti yang anda tahu, MCD menetapkan standard agar makanan mereka identik di semua negara. Karena itu bahan-bahannya banyak yang diimport. Tapi dengan itu semua mengapa mereka bisa menjual makanan dengan harga 10x lebih murah (dibandinkan di Amerika)? Jawabannya karena semua disini lebih murah daripada di Amerika. Gaji pegawai lebih murah. Satu meter persegi tanah disini lebih murah. Pajak disini lebih murah. Gaji direktur disini lebih murah. Jadi semua itu berbanding lurus atau linier. Lebih murah pada biaya akan membuat harga produk lebih murah.

Logika yang sama juga berlaku untuk internet. Kalau internet Indonesia tidak diboncengi kepentingan khusus, saya jamin harga internet Indonesia bisa 10x lebih murah dari Amerika. Misalnya internet HSDPA unlimited 1 bulan di Amerika adalah $75maka harga yang normal dan wajar di Indonesia adalah 75 ribu. Sesuai dengan perbandingan MCD. Hitungannya tarif di Amerika 5x BigMac MCD Amerika, maka tarif di Indonesia yang normal juga 5x BicMac MCD Indonesia. Alasannya persis liat alinia sebelumnya.

Mau bukti? Mudah. Hapus saja larangan beli bandwith di luar negeri. Atau ijinkan saja ISP International masuk Indonesia. Pasti ISP local akan gulung tikar (dengan asumsi ISP luar tidak dipaksa beli bandwidth dari telkom). Semoga tulisan ini membuka pikiran kita semua dan memajukan internet Indonesia :).

1 comment:


Powered By Bloomberg