Tuesday, January 29, 2008

Susahnya Jadi Software Developer

Anda ingin menjadi software developer? Jaman sekarang software developer sangat susah. Jika anda benar-benar ingin menjadi software developer handal, anda harus memperhatikan:

- Prosesor

Pada prosesor ada 2 hal, yang pertama pemrosesan secara bit, yang kedua jumlah prosesor / core.

Apakah software anda mendukung 32 bit / 64 bit?

Apakah software anda mendukung satu / lebih prosesor?

Apakah software anda mendukung satu / lebih core?

- Operating system

Windows apa yang anda target? XP? Vista?

- Khusus untuk game

Direct X apa yang anda target? 9? 10? Atau keduanya?

Jika diambil kemungkinan terbaik saja, anda seorang software developer, maka anda harus memperhatikan 4 hal diatas. Jika anda memiliki compiler yang mahal dan handal biasa sudah otomatis. Jika tidak, maka setidaknya anda harus memiliki 2 exe, X86 dan X64. Kalau mau lebih rajin, ditambah SP dan MP (Single Prosesor dan Multiprosesor). Kalau untuk game tambah lagi 2 exe, DX10, DX9. Biasanya sih memang hanya 2 exe X86 dan X64, yang lain dimasukkan dalam kedua exe ini.

Anda berpikir ngapain susah-susah yang penting jadi. Lalu seandainya kompetitor anda (software house lain), berpikir untuk mengoptimalkan software mereka terhadap hal diatas, maka anda akan kalah saingan. Pada Core 2 Duo (dual core), software mereka bisa hampir 2x lebih cepat karena bisa mengoptimalkan penggunaan kedua core tersebut.

Karena itu agar tidak kalah saingan, lebih baik anda yang melakukan hal tersebut. Nilai tambah lainnya adalah software anda  universal. Dari Windows 2000 sd 2008 semua jalan normal :).

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg