Saturday, November 10, 2007

TIPS: Berbagi Virus Definition Norton / Symantec Antivirus

Seperti halnya antivirus lain, Norton Antivirus juga memiliki virus definition. Virus Definition adalah database antivirus yang digunakan Norton Antivirus untuk mengetahui apakah suatu file adalah virus.

Pada Windows 2000 - 2003, Norton Antivirus menyimpan virus definitionnya pada "C:\Program Files\Common Files\Symantec Shared\VirusDefs". Ternyata kita dapat mencopy folder "VirusDefs" untuk Windows dan Norton Antivirus yang SEJENIS. Maksud sejenis adalah mengenai produk dan Windowsnya. Untuk Windows cuma dibagi 2, yaitu 32 bit dan 64 bit. Sedangkan untuk produk banyak sekali.

Penulis mencoba dengan Symantec Antivirus 11 dengan OS Windows XP 32 bit. Karena penulis selalu online 24/7 maka penulis dapat dengan mudah dan enak mengupdate virus definition. Selain itu dengan menggunakan LiveUpdate yang dijalankan setiap hari, update virus definition menjadi sangat kecil. Ukuran LiveUpdate kalau rajin dijalankan hanya berkisar puluhan sampai 100 KB.

Penulis berbagi virus definition dengan teman penulis yang menggunakan antivirus sejenis. Dengan mengcopykan folder "VirusDefs", maka antivirus teman penulis dapat terupdate ke virus definition yang terbaru.

Hal ini jauh lebih baik daripada mendownload virus definition penuh dari webnya yang besarnya sudah lebih dari 20 MB. Selain untuk teman, virus definition ini juga dapat digunakan jika kita menginstall ulang Windows kita.

Berikut ini adalah contoh beberapa aturan yang membuat virus definition tidak compatible (BERLAKU SEBALIKNYA):

- Mengcopy Virus Definition dari Norton Antivirus 32 bit ke 64 bit.

- Mengcopy Virus Definition dari Norton Antivirus 32 bit untuk Windows XP ke Norton Antivirus untuk Windows Vista.

Tips terakhir adalah, penulis menggunakan self-extracting Winrar untuk mengkompres folder VirusDefs menjadi "hanya" 16 MB. Selain itu penulis juga mengkonfigurasi Winrar tersebut, sehingga cukup di-dobel-klik pada file tersebut dan Winrar secara otomatis akan menginstall di tempat yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg