Thursday, November 29, 2007

Nokia "Iphone"

Pada tahun 2003, penulis berkenalan dengan benda yang namanya handphone. Itupun karena terpaksa. Seandainya waktu itu Starone tidak mengadakan akses internet gratis unlimited, maka penulis tidak akan beli handphone.

Waktu itu penulis seperti biasa baca-baca artikel di Internet. Dari sana, penulis mengetahui bermacam-macam versi CDMA. Ternyata HP CDMA itu awalnya untuk militer mulai dari CDMA IS 95, kemudian lanjut ke CDMA 2000 1x. Kemudian lanjut ke CDMA 2000 1x EVDO dan EVDV.

Berbekal info itu, penulis mencari handphone CDMA EV-DO termurah, biasa penulis orang miskin. Setelah mengubek-ubek pusat handphone di WTC Surabaya, penulis merasa kecewa kerena tidak menemukan HP CDMA EVDO. Akhirnya penulis terpaksa membeli HP Nokia 3105 + DKU 5 ori.

Itulah kejadian tahun 2003. Kita maju hampir 5 tahun kemudian. Beberapa waktu lalu Apple meluncurkan Iphone. Berbeda dengan produk Apple lainnya, Iphone adalah produk jelek tapi mahal. Walaupun banyak orang "edan" yang rela mengantri untuk mendapatkan Iphone, banyak artikel yang menyatakan Iphone jelek. Faktor utama adalah karena Iphone adalah HP dengan generasi 2,75G (EDGE), padahal saat itu teknologi 3,5G (HSDPA) udah menjadi normal BAHKAN DI INDONESIA (Hp doang, bukan jaringan internet).

Nah, entah siapa meniru siapa, tapi yang jelas Nokia pun melakukan hal itu. Tahun 2005 ada berita bahwa Devisi CDMA Nokia sudah ditutup. Mendengar berita itu, saya berpikir bahwa saya tidak akan membeli dapat membeli handphone CDMA Nokia lagi. Tapi ternyata saya salah, Nokia pun menjadi Apple Iphone. Nokia terus mengeluarkan HP CDMA baru tanpa merubah inti jaringan! Semua HP CDMA dari awal-awal (tahun 2003) keluar SAMPAI SEKARANG (hampir tahun 2008) MASIH MENGGUNAKAN CDMA 2000 1X!!!

ANALOGI EKSTRIMNYA DALAM GSM APAKAH ANDA MAU HP YANG MEMILIKI:

- KAMERA 10 MEGAPIXEL

- SOUND 3D STEREO PAKAI DOLBY VIRTUAL SOUND

- ADA PROYEKTOR

- MEMORI INTERNAL 32 GB

- ADA USB PORT, IR, BLU TOOTH, WI-FI N, WIMAX, VGA OUT

- OS PROGRAMABLE SERIES 60 TERBARU

- UKURAN KECIL

- HARGA SELANGIT (MUNGKIN 2 LANGIT)

- ADA GPS

- BODY BESI SUNGGUAN (TANGGUH GAK GAMPANG RUSAK)

- JARINGAN 2G :D (HANYA BISA GRPS)

MAU ?

Ya itulah yang terjadi dengan HP Nokia CDMA sekarang! Dengan fitur-fitur yang makin canggih tapi intinya tetap CDMA 2000 1x doang, ya tidak guna.

ANALAGI LAIN DALAM KOMPUTER. ANAD PUNYA PC P3 866 MHZ DENGAN MOTHERBOARD ASUS BLACKPERL 815 SPESIAL EDITION. ANDA KASIH CPUNYA DENGAN:

- GIGABIT LAN CARD (PCI 1)

- SOUND CARD CREATIVE X-FI ELITE PRO (PCI 2)

- AMD RADEON HD 2600 XT (AGP)

- SATA 2 ADAPTER (PCI 3)

- MEMORI SDRAM PC 133 2GB / 4 GB (SEPENUHNYA 4 SLOT 815 PAKAI MEMORI)

- RAPTOR 2 BIJI DI RAID (PAKAI SATA ADAPTER TADI)

- BLUE RAY WRITER (IDE 1)

- HD DVD WRITER (IDE 2)

- LCD 24" (DVI / VGA)

- SPEAKER 7.1 CREATIVE GIGAWORK (DARI SOUNDCARD)

- USB 2 TO PCI CARD

- MOUSE + KEYBOARD = LOGITECH / MICROSOFT YG > $100 (USB2 2 DARI POINT DIATAS)

- GAK ADA INTERNET / MODEM.

- ADA LICENSI Windows XP PRO DAN VISTA ULTIMATE ORI.

- ADA LICENSI OFFICE 2003 PRO DAN 2007 ULTIMATE ORI.

- SEMUA SOFTWARE TERBARU YANG ENTERPRISE ORI.

- SEMUA SOFTWARE YANG PAKAI HARDWARE UNTUK PENGAMANAN ANTI PEMABAJAKAN UDAH MENGECAP HARDWARE INI SEBAGAI BASIC, JADI GAK ISA DITRANSFER LISENSI KE PC LAIN :D.

- DLL

MAU?

Mungkin kalau spek pcnya orang masih mau. hehehehe. Tapi kalau handphone? Mari kita sebisa mungkin JANGAN BELI HP CDMA NOKIA sebelum ada versi EV-DO / EV-DV. Jangan salah! Penulis sangat suka hp buatan Nokia karena mudah digunakan dan awet. TAPI KALAU CARANYA GINI, YA DEMI KEMAJUAN NOKIA SENDIRI, MARI KITA PIKIR.... BUAT APA HP CDMA ADA GPS, KAMERA 2 MPX, DLL DI HP CDMA NOKIA TERBARU, TAPI MASIH CDMA 2000 1X BIASA? GAK GUNA!!! TANYA KENAPA?

No comments:

Post a Comment


Powered By Bloomberg