Monday, February 27, 2017

Ciri-ciri Redmi 2 Prime Refurbished Bermasalah

Setelah membuat post Pengalaman Redmi 2 Bermasalah, sekarang perlu diketahui ciri-ciri Redmi 2 Prime yang bermasalah. AKan tetapi, 1 hal yang perlu diketahui, bahwa antara barang NEW dan REFURBISHED, memiliki 1 ciri yang sama, yaitu : SEGEL. Baik segel, B-Cell, Bless, maupun Platinum (tanpa bermaksud menuduh distributor tersebut, tapi semua distributor pernah menyumbang saya Redmi 2 Prime yang bermasalah).



Semua dalam keadaan tersegel, dan rata-rata seller (Baik di WTC maupun Online), memiliki keraguan dalam menjamin produknya. Ketika saya mengunjungi belasan toko di WTC, banyak sekali yang tahu tapi pura-pura tidak tahu, yaitu dengan mengatakan "Kalau bapak tidak yakin, tidak usah beli"... Tipikal bukan?
Ada juga salah satu penjual  di lantai 3 yang tidak mau barangnya dikomentari. Ketika dikomentari, dibilang saya sok tahu. Well sepertinya saya bukan lagi sok tahu, tetapi memang sudah tahu. Mereka hanyalah anti dengan pembeli yang cermat.

Mari lanjut ke ciri-ciri barang refurbished. Semakin banyak ciri-ciri yang muncul, semakin besarlah kemungkinan barang tersebut refurbished. Mari kita simak.

a. Tidak ada pelindung kamera. Ciri simple tapi sangat mumpuni untuk menandai barang refurbished dan Original. Dari 8 barang yang bermasalah, semuanya tidak ada pelindung kamera berwarna silver yang menempel di kamera ini. Meskipun bukan jaminan bahwa kalau ada stiker lensa, maka 100% normal.


b. Pelindung layar bawaan yang baret-baret dan kesannya ditempel ulang ATAU pelindung layar bukan original Xiaomi. Berikut penjelasan keduanya.


c. Entah kenapa, tapi hampir semua redmi yang pernah saya beli dan bermasalah, semuanya memiliki baret-baret di posisi ini

d. Signal susah dapat. Apabila pun dapat, dibandingkan dengan redmi yang sehat, maka signalnya pasti selisih 2-3 bar.



e. Kamera memiliki salah satu ciri dari beberapa ciri berikut : sering misfocus , fokus lambat, hasil tidak tajam, tidak bisa macro. Berikut hasil head to head yang dilakukan di WTC Surabaya ketika buka segel. 

Redmi Refurbished

Redmi Normal

f. Kalau pas parah-parahnya, back-casing nya dilihat dari 1 meter saja bisa langsung kasat mata

g. Entah mengapa, tulisan MI di back-casing dikasih pelindung plastik. Yang New Original 100%, tidak pernah ada plastik disini



Sekian yang dapat saya bagi kepada anda. Semoga anda sekarang bisa mengetahui beda barang new dan refurbished.

Wednesday, February 8, 2017

Blibli.Com Chinese on Fire

blibli

Anda pasti sudah sangat kenal dengan blibli.com. Salah satu jawara online marketplace di Indonesia yang aktif mengadakan program. Tidak lupa, dalam program kali ini, saya turut berpartisipasi sehingga mendapatkan 6 buah kode token. Wao. Saya cukup gemar dan sering melakukan transaksi di blibli.com. Bahkan walau ada masalah mengenai apa yang ada di artikel ini, saya masih melakukan pembelanjaan juga pada hari ini. Bagi saya, reputasi blibli.com sangat baik di mata saya. Ok, lanjut...

Mau tahu kode token bisa ditukarkan apa saja? Mari kita simak

Syarat dan ketentuan berlaku di bawah ini, saya sadur dari link asli blibli.com
Syarat & Ketentuan Umum :

1. Periode promo 16 - 31 Januari 2017.
2. Customer mendapatkan 1 kode token setiap melakukan transaksi dengan minimum pembayaran Rp 500.000 (setelah dipotong voucher/diskon/biaya pengiriman, tidak berlaku kelipatan). Tukarkan token Anda dan dapatkan produk pilihan hanya Rp10.000.

    • 1 token – Voucher Pulsa Rp25.000 (provider telepon: Bolt, Indosat, Tri, XL, Telkomsel)
    • 2 token – Bakmi Mewah Rasa Ayam Makanan Instan [110 gr x 6 pcs]
    • 3 token – Tropical Minyak Goreng Pouch [2000 ml x 2 pouch]
    • 4 token – Nutella Hazelnut Spread with Cocoa [350 g]
    • 5 token – Lock&Lock ABF722 Bisfree Botol Minum [700 mL]
    • 6 token – Maxim Venice Panci Set [5 Pcs]
    • 7 token – KFC Gift Voucher Rp 300.000 [@Rp. 20.000]
    • 8 token – Orentina 705 Koper - Red [20 Inch]
    • 9 token – Oxone OX-121 Eco Coffee & Tea Maker - Putih
    • 10 token – Sanken SJ-150 Rice Cooker (1.2L)

3. 1 user ID hanya berhak mendapatkan maksimum 10 kode token selama periode promo.
4. Promo tidak berlaku dengan metode pembayaran COD (Bayar di Tempat).
5. Dengan mengikuti program ini, maka pelanggan dianggap mengerti dan menyetujui semua aturan yang berlaku.
6. Blibli.com berhak secara sepihak membatalkan pesanan dan/atau menonaktifkan kode token apabila tidak sesuai dengan syarat & ketentuan berlaku dan/atau ditemukan adanya indikasi kecurangan/pelanggaran yang merugikan pihak Blibli.com termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) customer yang sama dan/atau nomor handphone yang sama dan/atau alamat pegiriman yang sama dan/atau nomor rekening/kartu kredit/debit yang sama.

Syarat & Ketentuan Penukaran Kode Token & Produk Pilihan :
1. Kode token akan dikirimkan via email paling lambat 7 hari kerja setelah pembayaran diterima.
2. Periode penukaran kode token mulai 25 Januari - 10 Februari 2017.
3. Produk pilihan akan diberikan dalam bentuk voucher/Promo ID yang dikirimkan via email sehingga customer dapat melakukan pembelian produk pilihan senilai HANYA Rp 10.000
4. Stok produk pilihan terbatas dan tidak akan ada pengisian ulang stok. Apabila salah satu produk pilihan yang disediakan telah habis, customer dapat memilih produk pilihan lainnya yang masih tersedia.
5. Blibli.com berhak mengganti warna produk pilihan tanpa pemberitahuan sebelumnya.
6. Produk pilihan tidak dapat ditukarkan dengan uang/produk lainnya.

Syarat & Ketentuan Kode Voucher Produk Pilihan:
1. Produk pilihan hanya Rp10.000 hanya dapat dibeli menggunakan kode voucher Chinese New Year on Fire dan hanya berlaku untuk 1 unit produk. Pembelian lebih dari 1 unit produk dan/atau tanpa kode voucher akan dibatalkan.
2. Kode voucher hanya berlaku untuk produk yang tertera pada link (link akan dikirimkan melalui email setelah customer menukarkan kode token).
3. Kode voucher hanya dapat digunakan 1x.
4. Kode voucher tidak digabungkan dengan promo lainnya.
5. Kode voucher berlaku hingga 17 Februari 2017.


Nah, apa yang saya lakukan dengan kode token saya? Saya tukarkan 6 kode token dan mendapatkan 6 buah kode voucher. Dari token jadi voucher. Asik

Pilihan saya jatuh di nomor 3, yaitu 3 token – Tropical Minyak Goreng Pouch [2000 ml x 2 pouch]. Namun... penukaran ini akan menjadi salah satu penyesalan saya. Apalagi, saya tukarkan semua menjadi minyak ini...
Program ini tidak berjalan dengan lancar (menurut saya, bukan menurut blibli.com). Apa dasarnya menurut saya tidak berjalan lancar? Sebelum berbicara lebih lanjut, untuk penukaran minyak tropical tsb, saya harus membeli produk
https://www.blibli.com/cny-tropical-minyak-goreng-pouch-2000-ml-2-pouch-BLC.15022.00533.html
Kemudian, memasukkan kode voucher sehingga ilustrasinya seperti berikut



Memang benar, bahwa harga barang 65.800 dipotong 55.800, akan tetapi, masih dibebankan biaya pengiriman sebesar 66.992 sehingga total yang harus dibayar 76.992. Mengapa??
Mari kita mengacu pada poin di atas
3. Produk pilihan akan diberikan dalam bentuk voucher/Promo ID yang dikirimkan via email sehingga customer dapat melakukan pembelian produk pilihan senilai HANYA Rp 10.000
Apalah artinya kalau voucher tersebut digunakan untuk mendapatkan 2x Minyak Tropical 2 Liter dengan harga 76.992 ??
Sepertinya ada yang tidak match. Kemudian pada tanggal 7 FEBRUARI 2017. Saya menghubungi blibli.com via live chat. (Silahkan klik untuk memperbesar)



Sehari kemudian, tanggal 8 Februari 2017 saya mendapatkan email balasan seperti ini
Hai Fellix Gunawan 
Terima kasih atas kepercayaan Anda berbelanja di Blibli.com dan menjadikan Blibli.com e-commerce pilihan Anda. Menindaklanjuti biaya pengiriman yang dikenakan untuk penggunaan kode voucher chinese new year, sesuai dengan promo chinese new year memang tidak mengcover biaya pengiriman sesuai dengan syarat dan ketentuan  https://www.blibli.com/promosi/kuliner-cny. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.
Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website kami di
www.blibli.com. Demi peningkatan pelayanan kami, mohon mengisi survey mengenai pelayanan Customer Care kami dengan mengunjungi link ini.
Salam Hangat,
Tiwi - Customer Care
Blibli.com


Sangat disayangkan. bahwa poin pertanyaan saya adalah di
https://cny2017.blibli.com/
sedangkan jawaban Customer care – Tiwi, adalah mengenai
https://www.blibli.com/promosi/kuliner-cny.

2 link tersebut adalah 2 program berbeda, dengan ketentuan yang berbeda, dan tidak ada sangkut pautnya (menurut saya). Yang saya perhatikan, apakah CS Tiwi benar menjawabnya (memang benar bahwa 2 link tersebut berhubungan), atau CS Tiwi memang salah konteks pembicaraan.
Pertanyaan saya sangat sederhana. Mengapa tidak seperti banner dan poin nomor 3? Bahwa saya bisa mendapat pilihan-pilihan produk dengan harga Rp. 10.000
Ternyata, tukar dengan minyak goreng Tropical 2x 2 Liter, malah harus membayar 76.992?
Yang lebih sedih... saya punya voucher 2x (2x 2 Liter Tropical). Alias 6 kode token, terlanjur saya tukarkan menjadi 3 token + 3 token.

Sampai hari ini, saya masih menunggu jawaban yang match antara pertanyaan dan jawaban. Agar para pembaca tidak sangka saya yang mengada-ada. Mungkin perlu diketahui bahwa saya member blibli.com sejak Oktober 2013 dengan omzet yang sudah bukan lagi dalam satuan belasan juta.




Kalau diingat-ingat, selama ini sepertinya belum ada dispute mengenai syarat dan ketentuan. Akan tetapi, kali ini saya merasa sangat tidak puas dengan jawaban CS Tiwi Blibli.com. Pada tanggal 08-02-2016 jam 11.00 saya sedang live chat dengan Pak Jordan untuk meminta konfirmasinya.

Perlu diingat, bahwa tulisan ini saya buat untuk mencari kejelasan untuk program
https://cny2017.blibli.com/
Sehingga antara saya, maupun live chat yang selalu berganti-ganti orang, tahu duduk masalahnya dari awal. Dan yang paling penting, memiliki 1 point of view yang sama mengenai masalah ini.
Tidak ada maksud menuntut apalagi menghakimi. Saya hanya ingin mendapat penjelasan yang memuaskan antara syarat dan ketentuan blibli.com dengan masalah yang saya hadapi. Apakah benar saya yang benar, atau apakah benar blibli.com yang benar.

Apakah benar bahwa banner CNY 2017 blibli.com benar bahwa "saya bisa mendapatkan produk pilihan hanya Rp. 10.000" dan bukan Rp. 76.992 ?


Tanggal 10-02-2017
Saya mendapat email yang berisi seperti ini

Terima kasih atas email Anda. Mohon lakukan pemesanan kembali hari ini karena informasi yang kami terima dari tim terkait kami sudah dilakukan setting kembali. Mohon konfirmasinya jika Anda masih dikenakan biaya pengiriman. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, kami tunggu konfirmasi Anda :)
Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan, bisa menghubungi Kami kembali. Demi peningkatan pelayanan kami, mohon mengisi survey mengenai pelayanan Customer Care kami dengan mengunjungi link ini.

Salam Hangat,

irma - Customer Care
Blibli.com

Sepertinya, saya sudah mendapatkan solusi untuk masalah ini.
Sesuai dengan petunjuk di email tersebut, saya lakukan lagi pembelian seharga 10.000 rupiah, dan berhasil sebanyak 2x transaksi



Tunggu order saya selanjutnya di blibli.com

Sunday, February 5, 2017

Redmi 2 Bermasalah : Sleep Of Death

Artikel kali ini membahas tentang REDMI 2 PRIME. Tentunya Redmi 2 Prime adalah sebuah device yang sangat memiliki banyak keunggulan vs harganya. Alias, worth it. Tetapi sayang sekali. Redmi 2 Prime yang pernah saya beli dari bulan Oktober 2016 sampai dengan Februari 2017, dari 5 item, hanya 2 item yang normal. Sungguh aneh bukan?  Mari kita bahas satu per satu

Pembelian di Oktober 2016 dilakukan di Tokopedia
1x Transaksi Oktober 2016, 2 Unit
1 Sleep Of Death,1 Normal
 
Dalam proses retur tersebut, dilakukan retur sampai 2x
Artinya 1 unit tersebut, ditukar sampai 2x, tetap Sleep Of Death... wow... ada apa dengan Redmi 2 Prime? (Harap perhatikan, garansinya Platinum). Artinya, dalam pembelian ini, saya terima 4 buah Redmi 2 Prime (2x 1a, 1x 1c, 1x 1e ). Alhasil, yang normal hanya 1 unit.
Akhirnya, dilakukan refund 1 unit karena saya tidak tahan dengan ongkirnya yang bolak-balik, dan penjual juga suruh saya bayar ongkir full SBY-JKT dan JKT-SBY. Artinya, dalam transaksi ini, saya kena ongkir 6x sbb:
1a. Jakarta - Surabaya (2 unit)
1b. Surabaya - Jakarta (1 unit retur PERTAMA)
1c. Jakarta - Surabaya (1 unit tukar retur pertama, tapi sleep of death lagi)
1d. Surabaya - Jakarta (1 unit retur KEDUA)
1e. Jakarta - Surabaya (1 unit tukar retur KEDUA, tapi sleep of death juga .... !!!)
1f. Surabaya - Jakarta (1 unit retur terakhir dan minta refund)
Benar-benar rugi ongkir.
Refund dari Tokopedia Oktober 2016, sampai Desember 2016 cukup lama juga refund nya tapi sudahlah, refund sudah selesai dilakukan.
Ingin tahu video masalah Redmi 2 Prime nya?
Lihat di sini https://www.youtube.com/watch?v=oMHbQgNSB6A&t=13s


Next, pembelian Oktober 2016 di Tokopedia juga (beda merchant)

Pada transaksi ini, history nya sebagai berikut
2a. Jakarta - Surabaya (1 unit)
2b. Surabaya - Jakarta (1 unit retur PERTAMA, garansi Platinum)
2c. Jakarta - Surabaya (1 unit tukar retur pertama, barang kondisi normal. Barang garansi b-cell)
Jadi total terima barang : 2 unit, 1 rusak, 1 normal.
Komentar saya terhadap penjual ini cukup responsif. Biaya retur JKT-SBY juga tidak minta, saya cukup appreciate tanggung jawab merchant ini dalam menukar barang.

Next. Pembelian Januari 2017 di blibli.com
Latar belakang saya di blibli.com karena sepertinya cukup terpercaya, dan juga pertimbangan saya tanpa melihat harga, karena memang saya perlu unit ini 1 lagi untuk pemakaian pribadi.
Lalu saya lakukan transaksi ini. Bahkan untuk wanti-wanti pengalaman buruk saya sebelumnya, saya beri catatan pengiriman ke penjual. Saya persilahkan buka segel dan dicek 1x24 jam untuk menghindari cacat bawaan pabrik. 


Alhasil, barangnya SLEEP OF DEATH juga !!! Sedih rasanya, transaksi sekian banyak, dari Oktober 2016 sampai Februari 2017, cuman 2 barang yang bisa dipakai.
Sleep of Death itu apa sih? Lihat aja videonya 


Video tersebut dibuat kurang dari 1x 24 jam setelah barang diterima. 

Pusing... kenapa Redmi 2 Prime bisa seperti ini? Oh ya... lagi-lagi, yang saya terima dan SOD (Sleep Of Death) ini bergaransi Platinum juga. Apakah kebetulan ? 
Butuh barangnya, tapi tidak tidak berjodoh. Ada apa dengan Redmi 2 Prime?

Apakah ada dari pembaca yang tahu? Mohon tinggalkan komentar