Wednesday, April 30, 2008

Tips Menciptakan Video Beresolusi Rendah yang Bagus

Anda ingin membuat Video beresolusi rendah untuk di upload di internet. Misalkan pada youtube atau digunakan untuk memberi comment pada friendster teman anda. Tentu saja dengan keadaan internet Indonesia sekarang ini sangatlah tidak masuk akal untuk mengupload video HD 1080p. Disamping internet yang pelan, kamera yang mampu merekam 1080p juga masih mahal, dan yang terakhir diperlukan komputer super cepat untuk melakukan video editing pada video 1080p.

Kamera digital sekarang pada umumnya mampu merekam kualitas SD (Standard Definition) / DVD yaitu 640 x 480 30 fps. Bahkan beberapa model kamera Casio sudah mampu merakam dengan resolusi 800-an x 500-an wide 30 fps. Tips ini sebenarnya sederhana. Anda harus menggunakan setting tertinggi dari kamera digital anda untuk merekam video. Pilih juga kompresi terendah dengan ukuran terbesar. Kalau pada kamera casio pilih setting HQ, kalau pada Canon pilih L. Kemudian anda olah dengan menggunakan video editing. Terakhir anda simpan video anda ke resolusi yang anda inginkan, misalnya 352 x 288 (VCD).

Tips kedua adalah gunakan codec yang terbaru. Codec yang terbaru menawarkan kualitas yang lebih bagus dengan bitrate yang lebih kecil. Codec standard international terbaik saat ini adalah MPEG4 AVC / H.264. Codec ini diimplementasikan antara lain dalam open source codec X.264 dan yang komersial Nero Recode. Nero Recode telah tersedia 1 paket dalam Nero 7 dan Nero 8.

Selain itu alternatif lain adalah codec WMV. WMV walau tidak menawarkan kompresi video sehebat h.264 tapi telah menawarkan sebuah container / tempat yang baik untuk video dan audio sekaligus. Selain itu WMV juga menawarkan hal yang universal, karena semua yang ada Windows pasti dapat memainkan file video WMV anda. Nero juga menawarkan container yang hebat dan format MP4 sekarang sudah sepopuler MP3 (MP4 = format video, MP3 = format audio). Jika anda menggunakan X.264 anda harus memilih codec audio sendiri.

Analogi tips diatas adalah melakukan pembulatan hasil perhitungan matematika HANYA pada hasil akhir. Misalkan 1 / 3 * 6 / 7 * 3 - 9 = -8,1428571428571428571428571428571 atau dibulatkan = -8,143. Perhitungan tadi akan lain jika banyak bilangan sudah dibulatkan pada awal. contoh 1/3 = 0,33. Hasil kali 0,33 dengan 6 = 1,98. Hasil bagi 1,98 dengan 7 = 0,28285714285714285714285714285714 dibulatkan 0,283. Hasil kali 0,283 dengan 3 = 0,849. Hasil pengurangan 0,849 dengan 9 adalah -8,151. Dari kedua hasil ini dapat terlihat bahwa yang dibulatkan satu kali pada akhir akan lebih mendekati nilai yang sebenarnya.

Demikian juga dengan menggunakan tips diatas, video anda akan mendekati hasil dengan aslinya dibanding dengan cara-cara lain. 

Tips Hemat Membeli Notebook

Tips ini berlaku universal untuk semua model notebook. Dalam membeli notebook ada 2 bagian yang bisa kita beli sendiri. Bagian itu adalah harddisk dan memory. Sayangnya banyak produsen laptop yang "mencekik" pembeli dengan menawarkan upgrade memory yang mahal. Kadang-kadang bisa sampai 100% lebih mahal daripada yang dijual umum. Walaupun harddisk masih tidak semencekik memory, tapi harddisk juga masih lebih murah di umum.

Tipsnya adalah kalau membeli notebook berusahalah untuk meminta memory dan harddisk sekecil mungkin. Kalau bisa tanpa kedua hardware itu malah lebih bagus. Kemudian belilah harddisk dan memory di toko-toko komputer biasa. Sebagai perbandingan mengenai harga memory yang mencekik anda dapat melihat pada Tomshardware. Pada artikel itu secara singkat dibahas mengenai perbedaan harga memory dari produsen laptop dan memory dari toko komputer umum. Selain itu pada artikel itu juga dibahas apakah menggunakan memory 4 GB dapat meningkatkan baterai. Kebetulan laptop yang digunakan sebagai percobaan sama dengan milik penulis.

Contoh nyata kasus memory penulis membeli Dell Latitude D630, yang dipersenjatai dengan memoru 1 GB x 2. Penulis sebenarnya sudah meminta memory yang sekecil mungkin, tapi dapatnya ini. Kemudian penulis upgrade ke memory 2 GB x 2. Penulis hanya perlu menambah $41 untuk 2 GB x 1 memory Apacer. Ada yang janggal? Ya benar. Memory asal penulis sudah penuh menggunakan 2 slot, bagaimana mungkin penulis bisa menyulap 1 GB x 2 menjadi 2 GB x 2. Jawabanya tukar tambah. Dengan memory yang masih segel dan kinyis-kinyis maka nilai tukar tambah dapat dianggap mendekati baru. Mengenai harddisk karena penulis masih merasa 80 GB 7200 rpm cukup, maka penulis tidak perlu menganti ke yang lebih besar.

Kelemahan melakukan hal ini adalah dibutuhkan orang /teman yang berpengetahuan untuk mengutak-ngatik hardware PC. Beberapa notebook seperti milik penulis memiliki satu modul ram di bawah keyboard, dimana untuk mengaksesnya dibutuhkan untuk membuka garansi. Solusinya adalah jika kita sudah deal laptop, maka kita membeli dulu memory di toko lain. Kemudian meminta toko tempat kita membeli laptop untuk memasangkannya.

Selamat mencoba :).

Toilet Microcontrroller

Sebuah impresi dari pesawat AirBus A320


Saya yakin bahwa judul blog ini sangat berkaitan dengan gambar tersebut.
Future Is Computer, mengapa?
Tombol untuk "FLUSH" di WC pesawat AirBus A320, bukan tombol mekanik lagi, melainkan sebuah switch yang mengendalikan mikrokontroller yang akan membuka saluran air untuk mem-flush.


Monday, April 28, 2008

Tips Membeli VGA Murah / Value / Entry Level yang "Awet"

Orang Indonesia merupakan orang yang pada umumnya miskin. Walaupun dalam beberapa hal, bisa menciptakan rekor dengan penjualan Nokia Communikator di Indonesia masih lebih banyak dibanding penjualan Asia digabung, tetapi pada umumnya bangsa kita tidak akan mengeluarkan uang banyak untuk membeli VGA. Maksud VGA murah adalah VGA yang digit keduanya 4 / 5 untuk Geforce dan digit keduanya 4 untuk Radeon. Misalnya Geforce 8400, Geforce 9500, Radeon HD 2400, Radeon HD 3400. Maksud awet disini adalah beberapa tahun masih tidak ada exe / program / game yang menolak VGA ini.

Berikut ini adalah tips untuk membeli VGA yang murah dan awet:
1. Belilah VGA dengan harga <$100
2. Belilah VGA yang mendukung DirectX terbaru, pada saat artikel ini ditulis adalah DirectX 10.1.
3. Belilah VGA dengan memori yang besar, terserah mau onboard memory atau meminjam PC, tapi yang pasti minimal > 1 GB.

Berdasarkan tips diatas, maka satu-satunya VGA yang memenuhi hal ini adalah AMD Radeon HD 3400 variant. Biasanya sebuah program / game akan menolak sebuah VGA bila kekurangan memory atau DirectXnya terlalu kuno. Jadi tips diatas akan mengatasi masalah VGA ditolak oleh game.

Gosipnya sih NVidia pada bulan Juli akan meluncurkan Geforce 9900 yang benar-benar baru dan mendukung DirectX 11. Sayangnya VGA ini merupakan VGA mahal, jadi tunggu saja Geforce yang mendukung DX 10.1 atau DX 11 yang digit keduanya 4 / 5.

Tips Membeli Harddisk Tercepat di Dunia dengan Harga Murah

Tips ini ditujukan untuk pembaca yang ingin membeli harddisk tercepat di dunia dengan harga murah. Harga murah disini berasal dari kapasitas yang hanya 320 GB. Sedangkan tercepat disini berasal dari 320 GB / platter. Jadi inti artikel ini adalah membeli harddisk 320 GB yang hanya terdiri dari satu platter.

Berikut ini adalah daftar dari harddisk 320 GB 1 platter dari berbagai merek:

- Seagate --> ST3320613AS.

- WD --> WD3200AAKS-00B3A0

- Hitachi --> Tidak ada

- Samsung --> Spinpoint F1 HD322HJ

Semua harddisk disini kecuali WD sangat mudah untuk dibeli. Dalam kasus Seagate penulis kagum dengan orang sini yang lebih hafal STsekian2 (kodenya Seagate), dibangingkan bahasa manusianya yaitu Seagate 7200.11 320 GB (maksudnya harddisk Seagate yang 7200 rpm generasi 11 dengan kapasitas 320 GB). Sebaliknya yang paling susah adalah WD. Sampai beberapa jam yang lalu penulis membeli WD3200AAKS produksi 10 Febuari 2008, penulis masih tidak yakin bahwa ini adalah versi 1 platter. Model lengkap yang dibeli penulis adalah WD3200AAKS-75VYA0. Semahal-mahalnya harddisk 320 GB 7200 RPM Sata Desktop berapa sih? Jadi jangan menyesal membeli harddisk 320 GB model lama.

Selain itu dengan menggunakan 1 platter ruang harddisk akan banyak, menyebabkan harddisk tidak panas. Panas adalah musuh utama barang elektronik. Banyak barang elektronik mengeluarkan versi tahan banting (maksudnya dibanting gak rusak), tahan air (triknya sih cuma buat casing yang anti air), tapi tidak ada versi tahan panas. Selamat berbelanja barang bagus dan murah :).

Tuesday, April 22, 2008

EDITORIAL: Hal-hal Baik yang Diterlantarkan

Berikut ini hal-hal baik yang pernah terjadi dalam dunia komputer yang sayangnya tidak diikuti oleh yang lain dan bahkan ada yang ditinggalkan oleh pencetusnya atau sudah tidak ada kemajuan:

1. Starone Internet Unlimited Rp 200.000 / bulan.
Sungguh sangat disayangkan operator lain tidak ada yang mengikuti jejak mulia dari Starone ini. Bahkan Starone sendiri pun akhirnya menghilangkan layanan ini. Layanan ini sungguh sangat permanfaat karena internet Starone saat itu termasuk cepat. Apalagi kalau Starone rajin mengupdate ke EV-DV maka akan didapatkan kecepatan mirip HSDPA dengan harga Rp 200.000,00 / bulan. Sebagai operator telekomunikasi terbesar kedua setelah Telkom, sangat disayangkan Indosat menghentikan layanan ini. Jika ada petinggi Indosat yang membaca artikel ini, mohon diberi tanggapan.

2. Harddisk 10.000 rpm untuk home user.
Westren Digital adalah satu-satunya produsen harddisk yang membuat harddisk 10.000 rpm untuk home user. Penentu utama kecepatan harddisk adalah putaran rpm. Westren dapat membuktikan bahwa HDD 10.00 rpm hanya bersuhu 42 derajat (http://www.tomshardware.com/reviews/HDD-SATA-VelociRaptor,1914.html ). Dengan harga $1 / GB, harddisk WD VelociRaptor tetap lebih murah dibandingkan pesaing-pesainnya. Akan lebih baik kalau semua pesaingnya WD yaitu Hitachi, Seagate, Fujitsu, Toshiba, Samsung, semua membuat HDD 10.000 rpm untuk home user dan membuat HDD 7200 rpm hilang dari pasaran. Tentu saja dengan harga per Giga mengantikan harddisk 7200 rpm. Yang paling hebat dari WD VelociRaptor adalah suhu 42 derajat tadi dicapai dengan harddisk berukuran 2,5" atau harddisk notebook standard + IcePack.

3. Windows Vista Ultimate seharga $60
Promo ini adalah hal yang tepat untuk mengurangi pembajakan. Tapi sayangnya promo tersebut hanya berlaku di negara Australia dan khusus untuk pelajar. Entah promo sekarang itu sudah habis atau bagaimana yang jelas kenapa Microsoft Indonesia tidak meniru Microsoft Autralia.

4. Peningkatan Resolusi dan Gradasi Warna pada Printer.
Pertama kali Canon meluncurkan printer dengan 9600 dpi dan Epson dengan 5880 dpi sudah beberapa tahun. Tapi kenapa sampai saat ini printer baru tidak ada yang mengandakan resolusi tersebut? Minimal Canon Pixma IP4600 misalkan dengan resolusi 192.000 dpi, dan Epson C120 dengan 11760 dpi. Padahal peningkatan dua kali lipat resolusi printer sudah biasa. Demikian juga dengan gradasi warna. Dulu Canon selalu mempromokan peningkatan gradasi warna pada printer seri 8 mereka. Bubble Jet 8200 adalah yang pertama. Atau kalau hal diatas tidak terjadi, minimal printer yang low end (baca murah) memiliki fitur 9600 dpi dengan 33 gradasi warna. Dalam beberapa tahun ini printer sedang dalam masa kritis. Seperti harddisk pada tahun lalu, printer dalam beberapa tahun ini tidak ada kemajuan yang cukup menggegerkan dunia.

5. Peningkatan fitur SoundCard.
Pada jaman dulu, Creative adalah raja urusan suara pada PC. Pada jaman dulu rasanya tidak ahdol (enak) kalau tidak pakai SoundBlaster. Dari mulai SB16 yang legendaris, AWE 32, AWE 64 gold, SB Live!, SB Live Digital, SB Audigy, Audigy 2, X-Fi. X-Fi sudah keluar beberapa tahun, namun tidak ada tanda-tanda akan keluar sound card yang revolusioer. Sampai-sampai Microsoft pun sudah malas mengupdate Direct Sound API pada Direct X mereka.

6. Peningkatan kedalaman warna dan resolusi optik scanner.
Pada jaman dahulu resolusi optik scanner meningkat 2x lipat. Dari 300 dpi, 600, 1200, 2400, 4800, dan 9600 (mirip resulusi printer berhentinya). Sudah lama scanner dengan resolusi 9600 dpi keluar dan tidak ada hal baru lagi. Kemajuan terakhir scanner adalah scanner HP yang menggunakan 6 warna (mirip printer 6 warna) jadi hasilnya dapat lebih nyata. Sayangnya kompetitor lain juga tidak mengikuti hal ini. Memang karena produk pertama yang menggunakan 6 warna, kelemahannya tentu saja waktu scan yang lambat. Tapi kalau ditingkatkan terus dan dijadikan standard kan lebih baik.

7. Harddisk 7200 rpm untuk Notebook
Tomshardware sudah membuktikan pada tahun 2003, bahwa harddisk 7200 rpm memiliki suhu dan konsumsi daya yang hampir tidak berbeda dengan harddisk 5400 rpm untuk notebook. Jadi kenapa tidak menggunakan harddisk 7200 rpm untuk laptop? Atau mungkin mau loncat langsung ke SSD?

8. VGA discreet untuk Notebook
Menggunakan VGA terpisah untuk notebook adalah sebuah hal yang normal. Khusus untuk notebook yang super murah saja yang menggunakan VGA onboard. Sayangnya kenyataan berbicara sebaliknya. Hanya notebook super mahal yang menggunakan VGA discreet. Tidak perlu yang kelas menengah, kelas murah aja cukup (Geforce 8400 / 9300 ATAU Radeon HD 2400 / 3400). Sayangnya lagi fakta di negara Indonesia menunjukkan bahwa walaupun anda mengeluarkan 15 juta untuk membeli notebook, anda akan tetap mendapatkan VGA kelas murah, bukan menengah.

9. Microphone Stereo.
Microphone ini hardware yang paling parah, selama 10 tahun lebih tidak ada berita yang menggegerkan tentang kemajuan Microphone. Paling-paling hanya noice cancelation. Seharusnya pada laptop normal diberi 2 mic untuk memungkinkan merekam suara secara stereo. Selain itu kualitas suara ditingkatkan sehingga setelah 10 tahun lebih mic bisa merekam suara lebih nyata dengan harga terjangkau. Sayangnya mic puluhan juga yang dibeli Inul, 5 tahun yang akan datang (2013) mic dengan kemampuan yang sama harganya juga pasti masih puluhan juta.

Kemarin Windows XP Service Pack 3 telah RTM (Release to Manufactur) / FINAL!

[UPDATE 5]
Hari ini tgl 7 Mei 2008, Microsoft akhirnya telah benar-benar mengeluarkan Windows XP SP3 official. Silahkan download disini. Direct download disini. Pada Sp3 yang lama di artikel ini, maupun yang bocor kedua dari Windows update, semua memiliki masalah pada software Microsoft Dynamics Retail Management System (RMS). Bagi yang menggunakan software tersebut diharapkan untuk mendownload hotfix terlebih dahulu sebelum menginstall service pack ini. Bagi yang ingin melakukan slipstream pada Windows XP Vol anda, disarankan untuk menggunakan link diatas, karena link sebelumnya dapat mengubah XP Volume anda menjadi XP Retail. Lengkapnya baca di sini. Tapi hal ini bukan berarti service pack 3 yang ini bisa dislipstream. Mengenai Windows XP SP3 yang full official dari Microsoft telah beredar untuk pengguna Technet. Jadi bila anda telah membayar puluhan juta untuk menjadi pelanggan Technet / MSDN anda silahkan login dan dowload Windows XP SP3 Full Original Ofiicial dari Microsoft.

[Updated / Telah Diperbarui]
Selain direct link pada comment, bagi yang suka menggunakan ftp silahkan download di MajorGeek. Sedikit cerita fila apa yang ada sekarang. Secara umum, XP SP3 baru ada tanggal 29 untuk umum. Tapi di Microsoft kan ada MSDN Subscriber atau orang-orang yang rela membayar puluhan juta untuk mendapatkan barang-barang terbaru Microsoft. Pada kasus Vista SP1, mereka marah karena dianak tirikan oleh Microsoft. Kali ini Microsoft telah melakukan hal yang benar dengan memberikan 1 minggu premium kepada MSDN Subscriber. Walau file ini bukan file official untuk umum, tapi file ini merupakan file official untuk MSDN Subscriber. Ujung-ujungnya file untuk MSDN Subscriber juga akan untuk umum, kecuali file-file yang bersifat full. Selamat menikmati Windows XP SP3! Penulis tinggal 1/2 jam lagi selesai download (pada saat artikel ini ditulis), dan akan penulis update lagi artikel ini.

Kemarin pada Hari Kartini, Microsoft telah menyelesaikan Windows XP Service Pack 3. XP SP 3 ini akan mulai dibawa ke pabrik untuk diproduksi. Misalkan dengan membuat sisa-sisa Windows XP dengan terintegrasi SP3. Service Pack 3 untuk Windows XP ini hanya berlaku pada Windows XP 32 bit, dan merupakan Service Pack yang terakhir untuk Windows XP. Windows XP 64 bit menggunakan service pack 2 yang sama dengan Windows Server 2003 64 bit.

Beberapa peningkatan pada Windows XP Service Pack 3 antara lain:
- Pendeteksian terhadap black hole router.
- Network Access Protection.
- ANDA BISA MENGINSTALL WINDOWS XP TANPA PERLU SERIAL / KEY.
- Perbaikan ratusan patch sejak Windows XP SP 2.
- Tambahan serial / key yang sudah tidak cukup pada XP SP 2.
- Dan lain-lain.

Menurut jadwal anda baru dapat mendownload Windows XP Service Pack 3 pada tanggal 29 April 2008. Penulis akan mengupdate berita ini sesaat setelah link download untuk service pack 3 keluar.

Sumber:
http://forums.microsoft.com/TechNet/ShowPost.aspx?PostID=3214173&SiteID=17

Monday, April 21, 2008

Usaha Mencapai Sukses dari Produk Tidak Terkenal

Tahukan anda bahwa dulu seluruh dunia memandang sebelah mata harddisk buatan Samsung. Sekarang? Harddisk Samsung Spintpoint F1 merupakan salah satu harddisk tercepat dan terbaik di dunia. Bagaimana bisa begitu? Tentu saja jawabannya adalah berjuang, pantang menyerah, dan suruh dunia membuktikan sendiri bahwa produk anda bagus.  Pada saat awal-awal Samsung membuat harddisk, siapa yang mau membeli? Sekarang bahkan penulis juga naksir sama Samsung Spinpoint F1 yang menggunakan 330 GB an / platter. Alangkah baiknya bila merek-merek local kita seperti Samsung.

Axio, Mugen, Relion, Wearness, V-Gen, Zyrex, dan merek-merek local lainnya dapat berusaha terus agar mendapakan pengakuan dunia internasional bahwa produk mereka bagus. Tomshardware tidak melarang kita mengirimkan barang yang hanya tersedia di satu negara saja. Tapi mampukah produk local kita mendapatkan pengakuan dari situs hardware internasional seperti Tomshardware, Anandtech, Xbitlabs, dan lain-lain? Gagal pada awal itu sudah bisa, tapi harus diperbaiki. Pada satu sisi penulis sangat mudah untuk "ngomong doang". Tapi kalau memang ucapan penulis ada yang benar ya mohon sekiranya dilakukan. Kalau misalnya setelah dipertimbangkan ucapan penulis ngawur ya jangan dituruti. Gitu aja kok repot.

Sunday, April 20, 2008

Kebalikan Tukang Rename

Penulis pernah menulis artikel tentang Tukang Rename. Secara sekilas intinya adalah mendongkrak penjualan dengan merubah nama barang lama ke barang baru. Contoh Radeon HD 2400 menjadi Radeon HD 3200. Ternyata ada praktek jahat lagi yaitu kebalikan Tukang Rename. Penulis belum tahu istilahnya apa.

Praktek tersebut adalah membuat produk baru yang benar-benar berkualitas, tapi tetap mempertahankan nama produk lama. Tujuan utama praktek jahat ini adalah menghabiskan stok produk lama. Yang paling terlihat jelas adalah Intel Centrino. Dari tahun 2003 sampai tahun 2007 meski sudah beberapa generasi, namanya tetap Intel Centrino. Pada 2007 Intel baru mengupdate Centrino dengan nama Centrino Pro dan Centrino Duo. Pada 2008 nanti Intel akan mengeluarkan Centrino 2. Tapi dari tahun 2003 sampai dengan 2007, bagaimana kalau anda tidak tahu hardware dan ingin mendapatkan Centrino terbaru?

Praktek jahat ini juga masih berlaku pada tahun 2008. Produsen hardisk Western Digital (bukan Westren Digital) telah membuat harddisk baru dengan menggunakan 320 GB / platter. Penggunaan platter baru ini tentu saja dapat meningkatkan performa harddisk. Secara teori biasanya kapasitas harddisk sama dengan kapasitas platter x jumlah platter. Jadi harddisk 640 GB bila menggunakan 320 / platter maka hanya diperlukan 2 platter. Gampang kan :). Berikutnya bagaimana dengan harddisk berkapasitas 320 GB? Gampang tinggal 320 GB / platter x 1. Benar?

SALAH BESAR!!! Kalau harddisk 320 GB termasuk memecahkan rekor kapasitas (belum pernah ada HDD 320 GB sebelumnya), maka hal itu benar. Tetapi dengan kapasitas HDD sekarang yang sudah 1 TB apalah artinya harddisk 320 GB. Nah bagaimana cara anda mengetahui kapasitas harddisk anda 320 GB itu 1 biji 320 / platter atau 2 biji 160 / platter? Anda mungkin berpikir MODEL NUMBER. Kalau jawaban anda benar, maka artikel ini tidak perlu ada :(.

Masalahnya disana. Harddisk 320 GB yang menggunakan 1 biji 320 GB / platter dari Western memiliki model number WD3200AAKS. Padahal model ini juga digunakan pada harddisk WD yang memakai 160 GB / platter atau model lama. Dengan tidak berubahnya model number ini membuat jebakan yang sangat parah. Anda membaca review hardware, lalu anda tertarik pada sebuah artikel HDD yang super cepat dengan harga murah (walaupun menggunakan 320 / platter kalau kapasitasnya hanya 320 GB, harganya tidak akan jauh berbeda dari 160GB / platter 2 biji).

Setelah mengetahui model numbernya anda pasti berpikir bahwa model number ini pastilah hanya mewakili 1 macam barang. Jadi aku mau barang X, model numbernya Y. Lalu kita mencari model number Y, dengan harapan mendapatkan barang X. Maka bersiap-siaplah kecewa. Tidak semua model number Y = barang X. Ternyata pendahulu X misalnya W juga menggunakan model number Y. Karena itu praktik jahat seperti ini sangat menipu konsumen.

Kesimpulan:

Hati-hati kalau membeli barang. Teliti dahulu. Jangan sampai terkena praktik jahat rename, maupun praktik jahat kebalikan rename.

Telkom Berperang Dengan Blogger?

Hanya site dengan subdomain ".BLOGSPOT" yang tidak dapat dibuka, dan notabene tanpa pemberitahuan. Semua site "blogger.com" yang sudah memiliki domain sendiri masih dapat dibuka.


Apakah ini sebuah pernyataan perang dingin atau perang terselubung?
Yang jelas, domain ".BLOGSPOT" telah tidak dapat diakses oleh para pengguna TELKOM VISION, sebuah layanan internet oleh PT. INDONUSA TELEMEDIA, alias TELKOM GROUP.

Mengapa consumer yang dirugikan?

Wahai Telkom ataupun Telkom Vision, BUKALAH MATAMU....
Rakyat sipil jangan jadi korban...

Mau blokir situs porno silahkan, tapi jangan blog lain yang tak bersalah kena blokir, oon tahu...

Saturday, April 19, 2008

Dealer Harddisk dari Berbagai Merek

Berikut ini adalah dealer resmi yang saya dapatkan dari website resmi untuk harddisk:

- Seagate (http://www.seagate.com/www/en-us/products/where_to_buy/authorized_distributors/#)

Distributor
Phone Number

Achieva Tech Indonesia Pte Ltd (Atikom)
62-21-612-3612

PT. Jayacom Alpha Electronic
62-21-601-1925

Terra Computer System Indonesia
62-31-502-0142

- Westren Digital (http://www.westerndigital.com/en/buy/DistributorsList.asp?language=en)

Pilih dulu ASEAN lalu pilih Indonesia

PT SiSTech Kharisma
Jl.Ir.H.Juanda IV No.3 B-C
Jakarta Pusat 10120
Indonesia
Phone: +62.21.350.5668
Fax: +62.21.380.7640
http://www.sistech.co.id


PT. ATIKOM Mega Pratama
Jl. Mangga Dua Abdad
Komp. Rukan Mangga Dua Elok B/16
Jakarta 10730
Indonesia
Phone: +62.21.612.3612
Fax: +62.21.612.3508
http://www.atikom.co.id

- Hitachi (http://www.hitachigst.com/portal/site/en/template.MAXIMIZE/menuitem.f5a86e4555650cefc0baade1eac4f0a0/?javax.portlet.tpst=6ed8bb202a1b69efc0baade1eac4f0a0_ws_MX&javax.portlet.prp_6ed8bb202a1b69efc0baade1eac4f0a0_viewID=content&javax.portlet.prp_6ed8bb202a1b69efc0baade1eac4f0a0_docName=20060830_indonesia_brmn.html&javax.portlet.prp_6ed8bb202a1b69efc0baade1eac4f0a0_folderPath=%2Fhgst%2Faboutus%2Fpress%2Finternal_news%2F&beanID=1243024374&viewID=content&javax.portlet.begCacheTok=token&javax.portlet.endCacheTok=token)

INDONESIA, August 30, 2006 – Hitachi Global Storage Technologies (Hitachi) today announced the appointment of PT Bintang Mas Rezeki Nusantara (BMRN) as the first authorized distributor for all Hitachi hard disk drive (HDD) products in Indonesia. Hitachi is collaborating with BMRN in an effort to expand its channel network in Indonesia.

http://www.bintang-mas.com/

- Samsung

Bintang Mas juga melayani Samsung. Tapi tidak tercantum pada situs resmi Samsung.

Jadi kalau anda mau tanya-tanya tentang harddisk yang baik dan murah tapi tidak yakin sudah masuk Indonesia, silahkan menghubungi dealer tersebut.

Friday, April 18, 2008

Kalau Copy Paste Yang Teliti

Penulis membuka sebuah site yang menampilkan software terbaru. Pada salah satu software barunya berjudul Real Player 11.5. Tentu saja softwarenya pasti juga Real Player 11.5. Tapi yang lucu pemostingnya mengcopy paste keterangan dari Real Player 10.5 tanpa mengeditnya. Tidak hanya site ini saja yang seperti itu, tapi ada beberapa site software lain juga. Untuk lebih jelasnya lihat gambar 1.


Gambar 1. Judul Tidak Sama dengan Keterangan

Joke / Humor Microsoft Windows Vista

Ternyata Microsoft itu pintar bercanda juga. Walaupun sudah tidak lagi membuat easter egg untuk produknya, tapi Microsoft tetap tidak melupakan humor. Pada posting sebelumnya telah diberikan video konyol dari Micorosft.

Kali ini yang kesatu mirip dengan kasus Outlook 2007 Service Pack 1, bedanya pada Windows Explorer Vista hanya terdapat satu group untuk mengelompokkan keterangan waktu masa depan. Keterangan waktu tersebut adalah "Sometimes in the future" artinya beberapa waktu yang akan datang. Untuk lebih jelasnya lihat gambar 1.

Gambar 1. Windows Explorer, Sometimes in the future

Yang kedua berkaitan dengan fitur baru Vista. Pada Windows XP kalau ada installasi hardware baru, user tidak bisa mengetahui dengan jelas apa yang sedang diinstall. Hal tersebut sudah diperbaiki pada Windows Vista. Jika ada hardware baru, maka akan muncul icon Installing Hardware dan kalau diklik ganda akan memberikan status yang lebih detail hardware apa saja yang sedang diinstall. Penulis sedang bermasalah dengan printer Canon Pixma IP4200. Entah kenapa setiap kali menyalakan printer tersebut, printer tersebut tidak bisa langsung digunakan tapi harus diakali dulu baru normal.

Nah lucunya adalah pada saat penulis menghidupkan printer dan menancapkan USB, Windows Vista mendeteksi hardware sebagai "Unknown Device" dan "No Printer Attached" tapi statusnya adalah "Ready to use" :)). Untuk detail gambarnya dapat dilihat pada gambar 2 dan 3. Secara logika kalau hardwarenya tidak dikenali, seharusnya Vista menampilkan pesan error. Tapi pada kedua gambar ini malah statusnya siap pakai. Benar-benar lucu dan aneh tapi nyata.

Gambar 2. Unknown Device



Gambar 3. No Printer Attached

Catatan: Penulis menggunakan Windows Vista Business 64 bit Service Pack 1 Genuine dengan Windows Update terbaru dan Driver Printer Canon versi 2.0.

Thursday, April 17, 2008

Avira AntiVir Premium 8 Free Download dan GRATIS 6 Bulan License Serial Key

Setelah beberapa kali salah ketik AVG dengan Antivir, akhirnya ada juga promo dari Antivir yang sebenarnya. Berdasarkan data dari Google Analytic artikel semacam ini sangat populer. Avira Antivir Premium merupakan sejenis program internet security yang tidak cuma mengandung antivirus saja, tapi juga firewall dan anti-anti lainnya, seperti anti spyware :)).

Lucunya banyak selain Antivir dan AVG juga ada Avast yang juga merupakan antivirus dengan huruf depan A sehingga agak sedikit membingungkan. Secara lengkap program diatas melindungi komputer kita dari segala ancaman dan serangan bahaya. Untuk itu program diatas dibekali dengan anti-virus, anti-Trojan, anti-worm, anti-ad, anti-spyware, anti-phishing, anti-rootkit, anti-drive-by, anti-bot, email scanner, WebGuard dan RescueSystem.

Promo ini sebenarnya ditujukan pada pembaca VNU, ComputerActive dan Personal Computer World secara eksklusif yang sebenarnya berlaku pada versi 7. Tapi promo ini diperpanjang 6 bulan untuk versi terbaru yaitu versi 8. Untuk mendapatkan key tersebut, silahkan daftar ke:
https://license.avira.com/en/promotion-t0q1aatr05zwftftgnqr
Setelah anda mendaftar email anda, maka anda akan dikirimi file HBEDV.KEY yang diperlukan untuk diload pada program Avira.

Ada tiga cara untuk mengaktifkan Avira dengan file HBEDV.KEY:
1. Pada waktu installasi.
2. Dari menu Help -- Load Licence File.
3. Copykan manual file tersebut ke folder C:\Program Files\AntiVir PersonalEdition Premium\.

Berikut ini adalah link direct download Avira Premium versi 8.1.00.331 yang dikeluarkan pada 14 April 2008: antivir_workstation_winu_en_hp.exe.

Sumber: Tip and Trick

Wednesday, April 16, 2008

Video Promosi Internal Microsoft Windows Vista Service Pack 1

Microsoft ternyata juga memiliki selera humor yang bagus. Mereka mengeluarkan video promo Vista Sp1 yang lucu. Dengan mengedit atau membuat fitur-fitur Vista Sp1 menjadi sebuah lagu, Micrsoft benar-benar lucu. Walaupun mereka juga pernah melakukan yang sama dengan SQL Server 7 dan Windows NT 4, ini juga tidak kalah lucunya.


Berikut ini adalah link videonya:


Untungnya itu promo video internal, kalau eksternal sangat jelek sekali.

Sumber: ISStartedSomething via Neowin.net

Rahasia Setting Kualitas Terbaik dan Kecepatan Tercepat dari Printer Canon

Beberapa printer Canon telah dapat menggunakan resolusi sampai dengan 9600 dpi. Tapi tahukah anda bahwa resolusi itu tidak akan pernah anda pakai. Pada driver printernya setting 9600 dpi hanya tersedia di custom. Bahkan jika anda menggunakan kertas terbaik (Canon Photo Paper Pro) dan kualitas terbaik (High), printer Canon masih belum menggunakan resolusi 9600 dpi.

Berikut ini adalah cara menggunakan resolusi 9600 dpi pada printer Canon yang mendukung. Penulis menggunakan contoh printer Canon Pixma IP4200. Caranya masuk ke printing preference, pilih kertas Canon Photo Paper Pro. Kemudian klik tombol custom, geser slider ke angka 1 (paling kanan). Setting kualitas angka 1 hanya bisa dipilih jika menggunakan kertas Canon Photo Paper Pro. Setting ini selain memungkinkan penggunaan resolusi 9600 dpi, juga menggunakan kombinasi tinta 6 warna pada printer yang mendukung. Penggunaan tinta 6 warna tersebut akan membuat hasil cetakan lebih nyata. Rahasia lainnya adalah jika anda menggunakan setting tersebut tapi pada kenyataan anda menggunakan kertas biasa atau kertas foto lain, maka kualitas cetak tersebut masih tetap bagus.

Pada printer selain Pixma IP 4200, jika anda ingin kualitas no 1, maka anda melakukan tip diatas juga. Tips diatas mencerminkan kemampuan printer Canon seperti yang tertera pada kotak printer :D (dalam hal kualitas). Kelemahan mode ini ada dua, satu yaitu waktu mencetak lama bisa beberapa menit (sekitar 5 menit) untuk satu halaman, yang kedua tinta yang digunakan paling boros (dibanding mode yang lain).

Sedangkan kalau anda ingin printer Canon anda "Goes Like Hell" alias cepat banget ngeprintnya, maka berikut ini caranya. Masuk ke printer preference, pilih kertas plain paper. Klik tombol custom, pilih setting 5 (paling kiri). Hasil cetakan setting no 5 lebih buruk dibanding setting draf / fast / super econo (no 4). Jika anda membutuhkan kecepatan dan bukan kualitas maka setting ini dapat dipilih.

Sedangkan pada paragraf sebelumnya akan mencerminkan kecepatan Printer Canon yang tertera pada kotak pembelian. Kelebihan lainnya adalah tinta yang digunakan sangat sedikit.

Catatan, setting kualitas 5 artinya super fast, 4 artinya fast, 3 artinya standard, 2 artinya high quality, dan 1 artinya ultra high quality. Jika anda memilih kertas Canon Photo Paper Pro, maka anda hanya dapat memilih kualitas no 1 sampai 3. Sebalikanya kalau anda menggunakan kertas plain paper anda hanya dapat memilih kualitas 5 - 2. Tapi anda tetap dapat menggunakan setting kertas Canon Photo Paper Pro dengan kualitas 1 pada kertas plain paper biasa atau kertas foto lain dengan kualitas yang tidak kalah menabjubkan. Anda dapat melihat gambar 1 pada printing preference dan gambar 2 untuk kotak dialog custom. Jika anda ingin membaca teknical detail silahkan baca buku service manualnya. Untuk Canon Pixma IP 4200 dapat dilihat disini.

Gambar 1. Printing Preference


Gambar 2. Kotak Dialog Custom

Tahukah Anda: Kecepatan VGA Terutama Ditentukan oleh Chipset VGA itu Sendiri

Banyak orang salah kaprah dengan mengangap bahwa kecepatan sebuah VGA ditentukan oleh besarnya memori. VGA dengan memori 1 GB pasti lebih cepat dari VGA dengan memori 512 MB. HAL INI SALAH BESAR. Kecepatan VGA yang benar ditentukan oleh Chipset VGA. Chipset VGA yang paling umum dikenal dunia ada dua jenis yaitu Geforce miliknya Nvidia dan Radeon miliknya AMD. VGA dengan chipset Geforce 8800 dengan memori 256 MB jauhhhhhhhhhhhh lebih cepat dibandingkan dengan VGA Geforce 8400 dengan memori 1,5 GB. Jadi kalau anda benar-benar ingin membeli VGA untuk bermain game maka lebih baik menggunakan VGA minimal Geforce 9600 GT atau Radeon HD 3850 dengan memori berapapun. Memori besar pada VGA hanya dibutuhkan jika anda menggunakan resolusi besar dan menggunakan anti aliansing. Selain itu VGA dengan memori kecil sudah mencukupi yang penting chipsetnya cepat.

Tips Menghindari Penipuan Pembelian Harddisk

Penulis pernah ditipu oleh sebuah dealer SEAGATE di Hi Tech Mall Lantai 3. Penulis lupa nama tokonya. Kejadiannya hampir setahun yang lalu. Waktu itu penulis meminta harddisk Seagate generasi terbaru (saat itu 7200.10) dengan cache 16 MB. Pegawai disana memberi penulis HDD 250 GB Seagate. Penulis mengkonfirmasi ulang bahwa penulis butuh yang cachenya 16 MB. Untuk kedua kalinya, pegawai itu memastikan bahwa HDD yang diberikan ke penulis memiliki cache 16 MB.

Setelah itu penulis pulang dan memasang HDD Seagate tadi pada PC Penulis. Kemudian penulis menggunakan program Sisoft Sandra untuk melihat berapa cache yeng terdapat dalam HDD penulis. Bertapa kagetnya penulis waktu melihat angka 8 MB. Ternyata penulis ditipu mentah-mentah ama dealernya. Tidak terima dengan hal itu, penulis langsung menelepon tokonya dan menanyakan masalah ini. Dengan entengnya pemilik toko mengatakan bahwa mereka mengimport ribuan HDD Seagate dan semuanya sama cachenya 8 MB.

Penulis jadi bingung kenapa dari awal mereka menyerahkan HDD yang cachenya 8 MB, padahal penulis mencari yang cachenya 16 MB? Benar-benar dealer tidak beres. Hati-hati kalau membeli HDD Segate pada toko itu. Peringatan ini juga tidak hanya berlaku pada end user, tapi juga toko-toko yang mengambil HDD Seagate. Sebagai catatan buruk, walaupun Seagate HDD terkenal, tapi HDD penulis Seagate bisa suddent death. Maksudnya HDD Seagete 28 GB yang benar-benar terbungkus shield (tidak telanjang / terlihat pcb seperti HDD pada umumnya), tinggal dua se-Jawa Timur waktu mau beli, flagship waktu itu, dan harganya 1,4 juta ternyata juga bisa mati secara tiba-tiba. Akibatnya penulis jadi kehilangan banyak data.

Pada satu sisi hal itu kesalahan penulis sendiri karena tidak rajin melakukan backup data! Pada sisi lain Seagate juga salah karena membuat harddisk tidak berkualitas. Selain itu HDD Seagate memiliki Dealer penipu di Hi Tech Mall lantai 3! Benar-benar tidak pantas untuk sebuah merek terkenal di dunia. Catatan lagi, pangsa pasar terbesar HDD di dunia masih dipegang oleh Seagate.

Berikut ini tips agar hal tersebut tidak terulang! Penulis ingin membeli harddisk baru mengantikan HDD Westren Digital (WD) 120GB lama milik penulis yang karena disandingkan dengan enclosure murahan jadi rusak. Pilihan penulis jatuh pada hardisk Western Digital 640 GB. Selain harganya yang murah (1,2 juta dibagi 640 GB = Rp 1875 / GB), harddisk ini juga memecahkan rekor sebagai harddisk pertama di dunia yang menggunakan 320 GB / platter. Pesaing lain masih menggunakan platter 250 GB. Bahayanya adalah kalau penulis mengatakan membeli HDD Western Digital 640 GB mungkin penulis bisa dikasih HDD WD yang model lama yang platternya masih 250 GB.

Sedikit gooling menemukan bahwa harddisk yang penulis cari memiliki nomor model WD6400AAKS. Jadi kalau penulis pergi ke toko komputer, penulis tinggal bilang mau cari Harddisk WD modelnya WD6400AAKS. Model WD6400AAKS sudah pasti merupakan HDD WD dengan kapasitas 640 GB dan menggunakan 320 GB / platter. Makin besar platter makin cepat harddisk tersebut.

Kesimpulan:

Kalau mencari harddisk cukup sebut kata "harddisk" + "merek" + "model". Contoh Harddisk Westreen Digital model WD6400AAKS. Karena dalam model terkandung banyak info tambahan seperti besar cache, putaran rpm, besar platter, dan banyak lagi.

Monday, April 14, 2008

Kumpulan Artikel Bagus dan Berguna dari Web

Anda ingin membuat lamaran pekerjaan yang indah? Berikut ini adalah contoh-contoh lamaran pekerjaan yang indah. Silahkan dilihat pada 36 Beautiful Resume Ideas That Work.

Anda ingin fokus pada perkejaan anda? Berikut ini adalah hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang terkenal untuk fokus pada pekerjaan mereka. Silahkan dilihat pada 10 Ways History’s Finest Kept Their Focus at Work.

Tahukah anda bahwa pemecatan sebuah karyawan bukanlah keputusan mendadak? Berikut ini adalah tanda-tanda anda akan dipecat. Silahkan diliat pada 10 Tanda Anda akan Dipecat.

Anda ingin tahu komedi terbaik seperti apa? Berikut ini adalah 50 komedi terbaik sepanjang waktu. Silahkan dilihat pada 50 Komedi Terbaik Sepanjang Waktu.

Ingin tahu bahasa baru dari Microsoft? Kenalkan bahasa F# (F Sharp). Silahkan dibaca beritanya pada Microsoft moves on F# functional language.

Tahukah anda bahwa pada jaman sekarang bekerja tidak harus berada di tempat kerja? Bekerja di rumahpun dengan internet telah menjadi hal umum. Berikut ini adalah alasan mengapa bos anda tidak mengijinkan anda melakukan hal itu. Silahkan dilihat pada Why Your Boss Doesn’t Want You to Telework.

Ingin tahu fitur baru ASP.NET 3.5 Extension? Salah satu fiturnya adalah Dynamic Data. Anda dapat melihatnya pada ASP.NET Dynamic Data Preview Available.

Sunday, April 13, 2008

Tahukan Anda: Rekor Software Trial Terlama

Tahukan anda bahwa software trial terlama adalah 8 (DELAPAN) BULAN! Hal ini mendekati 75% dari masa resmi anda membeli software antivirus yang biasanya hanya satu tahun. Setelah satu tahun biasanya anda harus memperbarui langganan antivirus, atau software antivirus tersebut tidak akan dapat mendownload update. Software tersebut adalah Windows Server 2008. Jika anda mendownloadnya resmi dari situs Microsoft, maka pada awalnya anda akan diberi waktu 60 hari trial. Tetapi 60 hari ini jika dirasa masih kurang dapat diperpanjang HINGGA 3X. Total anda mendapatkan 240 hari. Jadi jika anda memiliki "ritual" install ulang Windows kurang dari 1/2 tahun atau 6 bulan bulan sekali , maka Windows Server 2008 ini cocok anda jadikan OS anda. Selain merupakan Windows terbaru buatan Microsoft, Windows ini juga merupakan Windows terbaik, teringan, dan tercepat dari semua Windows. Penulis sudah mencoba sendiri "kenikmatan" menggunakan OS ini.

P.s. bagi anda yang merasa Windows Vista lambat dan karena dua hal ini, maka lupakanlah anggapan itu. Kedua hal tersebut adalah:

1. Anda menggunakan hardware lama untuk Windows Vista.

2. Anda mendengarnya dari orang dan percaya sebelum anda membuktikan sendiri! Jika anda sudah membuktikannya sendiri silahkan diperiksa lagi apakah anda melanggar point 1.

Windows Server 2008 jauh lebih ringan dan cepat dibanding Windows Vista. Dengan fitur-fitur baru Windows 2008 bisa seringan Windows XP (tentu saja dengan hardware tahun 2007 keatas).

Telkom Vision Memblokir BLOGGER Yang Masih Domain Blogspot !!!

Kemarin, sampai detik ini, semua site yang mengandung ".BLOGSPOT" tidak bisa dibuka...
Tetapi, siapa yang tidak mengerti proxy, goblok-goblokan, dibuka pakai google translator, bisa muncul, dan sampai akhirnya bisa posting.

Telkom Vision benar-benar BENAR-BENAR "INI BARU BEDA"

Yang lain tidak memblokir ".BLOGSPOT" (Contoh: XL), hanya Telkom Vision yang benar-benar beda... saya berpikir, apakah bapaknya Telkom Vision (PT. TELKOM, Speedy, Telkomnet, red) juga melakukan hal serupa ya?

UNDANGAN PENGUSAHA WARNET DENGAN MENTERI DEPKOMINFO DAN LAIN-LAIN

Sumber : Syahrul
Kpd. yth : - Anggota Awari
- Pengusaha warnet

Ass.wr.wb
Dengan Hormat

Mengharap kehadiran saudara semua pengusaha warnet / anggota awari untuk menghadiri acara,
" ROUND TABLE BISNIS WARNET " pada :

Hari : sabtu (Fixnya menyusul sekalian pendaftaraan Online_Via DETIK Surabaya)
Tgl : 3 mei 2008
PK : 09.00 - - 14.00
Tmpt : Telkom divre 5 Sby ruang Lebah madu...

Acara ini akan dihadiri oleh ; 1. Menkominfo M.nuh
2. Pemkot/Pemrov Bambang D.H
3. Kapolwiltabes Sby Anang Iskandar
4. Deperindag Sby/Prof. "..."
Besar harapan kesediaanya untuk hadir dalam acara ini dan memikirkan bersama solusi dan kejelasan bisnis warnet di masa mendatang.

Wass.wr.wb

Harap mengikuti perkembangan di link sumber, atau di DetikSurabaya.com menjelang acara. Terima Kasih.

Saturday, April 12, 2008

Power DVD DX yang Sebenarnya

Hati-hati bagi anda pengemar program PowerDVD. Pada beberapa hardware (misalnya laptop, VGA, soundcard, dan lain lain) ada yang diberi "bonus" software Power DVD. Beberapa diantara itu ada versi DX. Sayangnya pada kotak / spesifikasi hardware tidak ditulis Power DVD DX, tapi hanya Power DVD saja. Contoh nyata adalah PowerDVD bundle laptop DELL Latitude D630 milik penulis.

Awalnya penulis sangat senang karena mendapatkan software PowerDVD original. Karena pada laptop Dell Latitude D630 telah dibundel Power DVD. Pada saat itu (November 2007), mendapatkan PowerDVD 7 adalah versi terbaru. Pertama kali menjalankan PowerDVD DX milik DELL, penulis berpikir ini pasti aplikasi PowerDVD yang dibuat mirip Microsoft Windows XP Media Edition. Program ini adalah program untuk mengurusi media (bisa video, lagu, atau gambar) dengan interface sederhana satu layar penuh.

Kesan kedua waktu penulis masuk ke menu Option. Penulis kegirangan (senang) mendapatkan bahwa PowerDVD DX dari DELL ini bisa mendukung CLEV-2 dan CLPV. Walaupun PowerDVD DX ini tidak mendukung CLVS tapi yang penting dapat program ORIGNAL :D. Karena sudah senang dengan kesan awal-awal, penulis mencoba membuka file media. Gambar opsi Display pada PowerDVD DX dapat dilihat pada gambar 1.


Gambar 1. Opsi Display pada PowerDVD DX

Ternyata tidak ada SATU file media pun yang bisa dibuka oleh PowerDVD DX. Tidak seperti Windows XP Media Edition atau Nero Home yang bisa memainkan FILE LOCAL, PowerDVD DX hanya dapat memainkan DVD. Maksudnya adalah jika anda memasukkan keping DVD kedalam DVD Rom / RW anda, program ini baru dapat digunakan. Apapun file yang penulis ingin buka, baik lagu, video, gambar semua tidak berhasil. Pertama karena tidak ada menu File open, ataupun scan for media. Karena penulis tidak menemukan menu untuk mengakses file maka penulis mencoba men-drag file ke dalam PowerDVD DX. Dapat diduga tidak akan ada hasil apapun. PowerDVD DX tetap "terdiam" seperti sebelumnya.

Jadi bagi anda yang ingin membeli hardware karena dibundle dengan PowerDVD, ada baiknya anda teliti dan memastikan bahwa PowerDVD tersebut bukan PowerDVD DX.

Friday, April 11, 2008

HENTIKAN PEMBLOKIRAN YOUTUBE DI INDONESIA

"HENTIKAN PEMBLOKIRAN YOUTUBE DI INDONESIA" Sumber : petitiononline.com
Menurut saya, itu adalah kata-kata yang tidak perlu DIUTARAKAN dan DIUCAPKAN. mengapa?
  • Kenapa sih tidak menggunakan dana sia-sia itu untuk memberikan beras kepada fakir miskin?
  • Kenapa sih tidak mengurusi masalah kelangkaan minyak tanah?
  • Kenapa sih tidak memurahkan alias mensubsidi tarif internet indonesia?
  • Kenapa sih tidak dianggarkan untuk membangun sekolah bagi rakyat tertinggal?
  • Kenapa sih ?
  • Kenapa?
  • Tanya Kenapa?
Kenapa harus buang-buang untuk memblokir situs porno? Kenapa? Apakah orang Indonesia sudah sebodoh itu untuk tidak dapat mengakses situs porno meskpin ISP ataupun NAP seindonesia memblokir semua situs porno?

Apakah orang tidak mengenal proxy?
Tanya Kenapa?
Buka saja Youtube.com dengan menggunakan translate.google.com ataupun proxy lainnya...
Mampukah?

Saya merasa sangat risih mendengar kata-kata seperti ini...

Semampu apakah "orang" Indonesia memblokir situs porno? Daripada memblokir situs porno, apakah tidak lebih baik membangun sarana dan fasilitas pendidikan, memberikan penyuluhan, sehingga masyarakat sadar bahwa pornografi itu tidak baik?

Percuma membabat rumput tanpa mencabut akar.
Percuma membasmi ketombe tanpa keramas dengan shampoo anti ketombe.
Percuma menambal ban bila jalan di atas jalan berpaku.
Percuma mandi setelah kehujanan bila membawa payung dan tidak menggunakan.
Percuma membasmi nyamuk tanpa membasmi sarangnya.

Percuma dan percuma... Jika ingin meningkatkan moral rakyat Indonesia, saya rasa memblokir situs porno bukan solusi. Alokasikan dana untuk pendidikan dan fasilitas umum... jangan masuk ke kantong-kantong yang tidak diharapkan... Tanya Kenapa?????????????????


(Gambar Ini TradeMark AMild, Tidak Bermaksud Membajak)


NB : Singkat kata, saya tidak pusing apa yang mau diblokir, asal pajak yang saya bayarkan tidak nyangkut disana-sini... Mblokir Youtube pake uang negara... pusing dah !!! Daripada mikirin Youtube, dananya digunakan untuk kemakmuran rakyat kenapa sih?
(Setahu saya, tidak ada gawean orang atas yang tanpa biaya... nonsense euy, koreksi please?)

Thursday, April 10, 2008

Recover Deleted Text Message



Anda pasti pernah secara tidak sengaja menghapus pesan sms penting. Anda pasti kebingungan bukan...... ?
Tetapi sekarang tenang saja sebab alat dari "BrickHouse Security" ini dapat mengembalikan pesan sms yang anda hapus tersebut.
Cukup dengan memasukkan Sim Card anda pada alat ini, dan menghubungannya dengan komputer, pesan yang anda hapus sebelumnya dapat kembali seperti semula, ajaib bukan ?
Alat ini dihargai sekitar $150

Sumber : ficforlife

Monday, April 7, 2008

Squid For Windows - Bagian 1



by : Antonius Ananto

Mungkin ada yang pernah denger ... Yang namanya Squid Web Cache. Apa pula itu ...

Trus ada yang berpendapat barang barang aneh model kaya gitu itu cuma mainan para programmer yang aneh, berkacamata and Gunawan (alias : gundul yang tidak menawan) he he ... Trus ada yang ber-anggap-an bahwa Squid Web Cache cuma bisa diinstal and dijalankan di sistem operasi LINUX, apa pula itu LINUX. Weleh weleh pasti makin tambah bingung nih ...

Sebenernya apa sih itu Squid and gimana dan apa kegunaanya ???

Sebetulnya Squid Web Cache ato yang sejenisnya (bermacem - macem proxy didunia), Sebetulnya sebuah software ... Emmm enaknya dibilang software atau apa ya ????.

Kita anggap aja dia Software deh ... . Saya ulangi, merupakan sebuah software yang mengoptimasi (menambah cepat, mengurangi waktu, dan yang paling penting menghemat biaya) koneksi internet anda.

Wooow, sedemikian hebatnya kah ??? gimana caranya ??? dimana carinya ???
Pertanyaan itu pasti akan muncul . Dibawah ini saya berikan link link yang berguna untuk belajar tentang Proxy, khususnya Squid Web Cache :

  1. Situs Resmi Squid
  2. Squid Untuk Windwos

dan tunggu artikel saya berikutnya ... Happy Networking...

SERIAL UNTUK ANTIVIRUS AVG 8.0 FREE LEGAL SELAMA 8 BULAN

Setelah sukses dengan dua artikel serial promo, yaitu Antivir dan Advanced Windows Care, blog ini tetap memberikan artikel lanjutan. Kali ini yang jadi "korban" adalah Antivirus AVG 8.0 dengan Spyware dan Rootkit. Ternyata promo ini menggunakan serial promo yang telah tersedia sejak versi 7.5 oleh majalah VNU / VNU Magazine. Karena itu serial ini hanya berlaku selama 8 bulan sampai dengan akhir 2008.

Berikut ini adalah serialnya:

75VNU-TH1RR1-L7-P03-C01-S3S9MD-2YN-3AUS

Sedangkan download linknya:

avg_ipw_stf_all_8_93a1283.exe (Versi berbayar)
avg_iswt_stf_all_8_93a1283.exe (Versi gratis)

Seperti halnya Winamp, versi berbayar artinya anda tidak dapat menggunakan program ini sebelum anda memasukkan serialnya. Sedangkan versi gratis anda diberi kesempatan untuk mencoba selama 30 hari. Jika anda menggunakan versi gratis, jangan lupa untuk mengubah serial trial dengan serial di atas.

Sumber: TipsandTrik.net

Semoga bermanfaat :).

Friday, April 4, 2008

Cara Menyimpan Bukti Transaksi KlikBCA Dalam Format JPG / Image

Pernahkah anda kesulitan dalam menyimpan bukti transaksi KlikBCA ke dalam file JPG dan sejenisnya karena anda tidak memiliki printer? Ataupun memiliki printer tapi hanya ingin menyimpan buktinya?

Berbagai riset yang telah dilakukan, hanya Browser Opera yang dapat melakukannya. Browser lain seperti Firefox dan IE tidak dapat melakukannya. Akan tetapi bukan berarti browser lain tidak mampu menyimpan sama sekali. Seperti di Firefox misalnya, bukti transaksi dapat dicetak ke printer ataupun disimpan ke dalam email anda.


Kuncinya adalah ketika transaksi berhasil, dan tombol "Simpan" ditekan, maka akan tertampil sebuah Window yang berisi hasil transaksi, dimana window ini tidak dapat muncul pada Browser selain Opera (Sampai dengan detik ini)



Langkah selanjutnya?
Ya tentu saja silahkan "Print Screen", dan simpan dengan Image Editor favorit anda. Saya menggunakan Paint untuk medemonstrasikan artikel ini.

NB : Apabila anda penggemar Firefox, maka tombol "Simpan" berguna untuk menyimpan bukti transaksi ke Email anda. Untuk IE, saya tidak mencoba, silahkan anda memberi komentar.

Semoga bermanfaat

Penipuan Ala Baru

Dari klikduit

Ya jelas saja tidak mengurangi saldo awal... yang dikurangi adalah saldo efektif anda... Kata-kata tersebut "TIDAK SALAH" sama sekali. Hanya saja, apakah anda juga berpikiran salah?

Mencegah VIRUS Dengan Disable Autorun / Autoplay Windows

Benci dengan Autorun? Tertular virus karena Flash Disk? Selalu lupa menahan "Shift" jika memasukkan Flash Disk?

Salah satu cara paling manjur untuk menghindari virus yang tertular karena Flash Disk adalah dengan cara mematikan autorun atau autoplay pada Windows. Bagaimana caranya? Cara ini telah saya coba dan terbukti berhasil pada Windows XP dan keluarganya (Windows versi 5.X).

Caranya adalah dengan menjalankan regedit, kemudian perlahan-lahan kita akan mencari value "NoDriveTypeAutoRun".


Ubah setiap value yang ditemukan dengan nilai "FF" atau "255". Lakukan pencarian "NoDriveTypeAutoRun" ini berkali-kali, sehingga semua value sudah tergantikan menjadi 255. Niscaya tidak akan ada autorun yang dijalankan lagi dengan Windows XP.

WiFi T-Shirt

Bagi kamu yang suka berpetualang mencari area hotspot , mungkin kaos yang satu ini merupakan alat bantu yang handal ^^ . Kaos yang satu ini tidak hanya bisa menyala, tapi kaos ini juga dapat mendeteksi adanya jaringan Hotspot (WiFi) di suatu tempat.

Source : ficforlife

Thursday, April 3, 2008

Kurangi Tagihan Listrik Anda Dengan LocalCooling

Komputer sering kita tinggalkan dalam keadaan menyala sementara kita tidur, monitor dibiarkan menyala seharian penuh padahal kita sedang keluar. Berapa banyakkah listrik yang kita buang sia-sia? Kuatkah duit pada dompet Anda membayar tagihan listrik yang semakin lama semakin mahal? Sadarkah Anda bahwa kita turut memperparah pemanasan global dengan cara penggunaan komputer yang tidak hemat energi?

Untunglah kita dapat membantu menghemat energi listrik komputer kita dengan program/software bernama LocalCooling. Program ini dapat menunjukkan berapa watt listrik yang telah Anda hemat sejak menginstall program tersebut. Selain itu program ini juga mampu menunjukkan berapakah konsumsi listrik setiap bagian komputer Anda, misalnya konsumsi listrik monitor, prosesor, hard disk, VGA card, dan lain-lain. Silakan klik pada gambar logo di atas untuk men-download programnya.

Apakah program ini benar-benar dapat mengurangi penggunaan listrik komputer kita? Marilah kita buktikan bersama-sama!

Wednesday, April 2, 2008

Rahasia Windows 95

Pernahkan anda membaca review Windows 95? Windows yang sudah berumur 13 tahun ini memiliki sebuah rahasia. Yang penulis heran dari dulu sampai sekarang tidak ada yang sadar akan rahasia ini. Padahal penulis sudah mengetahui rahasia ini sejak 10 tahun yang lalu. Karena saat itu Windows 95 masih populer, penulis memutuskan untuk menyimpan rahasia itu.

Karena sekarang sudah 13 tahun dan dapat dipastikan tidak ada orang yang memakai Windows 95, maka penulis ingin membocorkan satu rahasia vital Windows 95. Sebelum itu sedikit latar belakang. Windows 95 merupakan Windows yang berkode Chicago. Beta pertama keluar pada tahun 1994. Windows 95 ini lah Tombol Start pertama kali diperkenalkan. Selain itu Windows ini merupakan Windows full 32 bit pertama. Windows ini juga yang cikal bakal DirectX (versi 2), Internet Explorer (versi 2), dan Media Player (versi 4). Saya rasa cukup nostagianya.

Rahasia Windows 95 adalah anda dapat menginstall Windows 95 menggunakan gambar system properties dari internet. The Windows 95 Secret is you can install Windows 95 by using the CD Key / serial found in the magazine, internet review, or some kind like that. Karena Windows 95 keynya masih menggunakan angka, dan yang di system properti juga menggunakan angka, maka hal itu sangat cocok sekali.

Berikut ini adalah gambar System Properties dari Windows 95 dari Internet:

Gambar 1. Windows 95 System Properties.

Jadi kalau anda menggunakan Microsoft Windows 95 sebelum Windows 98, jangan pamer-pamerkan system properties anda! Karena orang lain dapat menginstall Windows 95 dengan menggunakan gambar system properties Windows 95 anda (serial e sama).

Tuesday, April 1, 2008

Rahasia Garansi Laptop Vaio Sony

Teman saya kerja di sebuah master dealer. Suatu hari teman saya diminta tolong oleh pelanggannya. Pelanggannya tersebut baru meminta teman saya untuk memperbaiki laptop Sony Vaio miliknya. Pelangannya itu membeli laptop Sony Vaio tersebut dari Singapura. Karena diminta tolong oleh pelanggan setia, meskipun bukan dealer Sony, teman saya menolongnya.

Pada waktu teman saya ke dealer resmi laptop Sony Vaio, laptop Vaio tadi ditolak. Customer service Sony Viao menjelaskan bahwa Laptop Sony Vaio di Indonesia masih garansi lokal. Artinya laptop Sony Viao yang dibeli di Indonesia HANYA DAPAT diserviskan di Indonesia. Sebaliknya Laptop Sony Vaio yang dibeli di luar negeri (walaupun belinya di TIMUR-TIMUR atau negara Asia Pasifik Lainnya), juga tidak dapat diservis di Indonesia.

Jadi bagi anda yang suka bepergian ke luar negeri dan suka membawa laptop, pertimbangkan hal diatas sebelum membeli laptop Sony Vaio. Jika saya ada yang salah tangkap dari ucapan teman saya, mohon orang dari distributor Sony Resmi mengkonfirmasi hal ini.

Tips Untuk Mengetes Kekuatan Jaringan Operator Anda

Ternyata orang Indonesia (tidak semua tapi kebanyakan) dari dulu sejak saya lahir, sukanya pada hal-hal yang terakhir! Kalau membayar tagihan, pasti dilihat terkahir hari apa, kemudian semua berbondong mengantri pada hari itu. Kalau mau ke bank setor rekening, dilihat banknya tutup jam berapa, kemudian pada mendekati jam tersebut semua pada mengantri setor. Demikian juga waktu belajar. Kalau sudah dekat ujian, semua pada "mengantri" belajar!

Ternyata hal ini pun sama untuk pemakaian Internet. Pengalaman penulis menggunakan (dulu disebut Lippo atau NTS) Axis membuktikan hal itu. Axis seperti beberapa kali diberitakan memiliki promo 100 MB / bulan (kuotanya). Kebanyakan orang Indonesia pada awal bukan akan sangat berhemat sekali, tetapi pada saat hampir berganti bulan, semua merasa eman kalau jatah Internet Axis tidak dihabiskan.

Sayangnya untuk kategori ini, AXIS termasuk sangat tidak siap sekali! Waktu penulis telepon ke customer service seperti yang disarankan oleh saudara Sugik, CS Axis dengan PD (percaya diri) dan bangga mengatakan memang trafik mereka sedang naik, kita diminta bersabar. FAKTA BAHWA AXIS DI SURABAYA CEPAT ADALAH BOHONG! SETIDAKNYA PENULIS MENCOBA DI SIDOYOSO PADA AKHIR BULAN MARET MALAH MEMBUKTIKAN INTERNET AXIS DI SURABAYA JAUHHHHHHHHHHHHHHH LEBIH BURUK DARIPADA INTERNET AXIS DI MOJOKERTO!

Untuk login YM tidak bisa. Ping tidak jalan. Browsing tidak bisa. Ping pun kalau bisa satuannya DETIK! Ping yang baik adalah < 50ms. 1 Detik 1000 ms. Malah Axis banyak yang 2000 / 3000 ms an. Lucunya adalah bagi pengguna Axis yang sudah dewasa silahkan membuka www.playboy.com dan anda akan disambut situs yang gimana gitu loh. Sedangkan situs yang aman semacam www.fixdown.net malah tidak bisa!

Kembali ke topik. Untuk mengetes kekuatan jaringan internet operator anda, ada dua cara:

1. Cara Starone. Cara ini adalah menggunakan promo internet gratis sampai jangka waktu tertentu. Dijamin setelah promo ini diiklankan, semua pasti akan rame-rame memakai jaringan anda. Darisitu anda dapat mengukur apakah jaringan anda kuat. Jika promo anda sudah tersebar, dan tidak ada pelanggan komplain, maka jaringan anda dapat dinyatakan kuat. Pada saat itu (tahun 2003 - 2004) Starone lulus dengan nilai baik.

2. Cara Axis. Cara ini adalah promo bebera ratus megabyte selama satu bulan. Konsepnya sama dengan cara diatas. Tolak ukurnya adalah banyaknya pelanggan komplain, terutama pada akhir bulan. Sayangnya Axis dengan tenangnya mengatakan "Saya Gagal!". Fakta membuktikan Axis tidak lulus atau bahasa Indonesianya adalah Jaringan Internet Axis Sangat Jelek.

3. Cara XL. Cara ini adalah menggunakan tarif khusus pada internet biasa tapi unlimited / flatrate. Tolak ukurnya juga sama dengan kedua sebelumnya. Cara ini hampir mirip dengan nomor 1 tetapi cara nomor 3 membayar. Fakta terakhir 2 bulan lalu, XL dengan sangat baik memenuhi hal ini. Terutama dengan signal 3G di Surabaya yang bisa mendapatkan 700 MB sehari (2100 MB sebulan)!

Penulis juga ingin menunjukkan kehebatan CS nya AXIS. Diantara semua CS kartu telepon, hanya AXIS yang tidak pernah menanyakan anda berada di daerah mana. Semoga saja dari nomor teleponnya bisa dilacak. Selain itu hanya AXIS yang dengan PD nya menyatakan "Saya JELEK". Yang paling parah, di daerah Sidoyoso Surabaya, Axis suaranya putus-putus. Kalau suara saja tidak mampu, jangan harap internet cepat!

Tadi pagi (1/4) penulis mencoba internet Axis lagi. Hasilnya tetap seperti kemarin malam (31/3) >:P. Penulis mencoba menelpon lagi CS Axis. Yang lucu lagi, katanya hari ini jaringannya agak sibuk karena sedang mereset quota 100 MB. Sejak kapan ada rumus mereset quota = menyibukkan jaringan? Operator lain tidak ada yang mengeluh tentang hal itu! Semua itu hanyalah alasan yang dibuat-buat oleh AXIS. Jadi kalau anda belum siap untuk internetan dengan judul "Internet Explorer cannot display the webpages" jangan pakai AXIS. Terlepas dari pengalaman teman-teman yang OK, saya beserta CS nya telah sepakat bahwa internet Axis memang tidak beres.

Windows Vista Free Edition

Today Microsoft have been launch the Windows Vista Free Edition. This windows is free because Microsoft put advertisement in the Windows. This Windows Vista Free Edition is basically Windows Vista Ultimate 64 bit. The only different between two edition is surely the Free Edition we don't need to pay.

Microsoft is putting the advertisement in a Sidebar that can't be disable. The advertisement need Vista Free Edition to connect Internet. Microsoft has been giving the user maximum 30 days for user to not display the commercial. If user has been not connect to Internet more that 30 days than Windows Vista Free Edition will no be able to use. It behave like Windows Vista RTM lookdown. The lookdown will be automatically shutdown it self if it detect any Internet connection and it can connect to Microsoft Advertise site.


This Windows Vista Free Edition has not been build any pirate protection, because it does not need to be crack. The iso size is about 4,2 GB. It has already Service pack 1 update integrated. The 600 MB more space is to provide offline commercial that is for display 30 days. The funny thing about Microsoft Windows Vista Free Edition is you can choose any edition just like real Windows Vista 64 bit. Below is the picture of the new sidebar with advertisement:




Picture 1. Vista Free Edition Sidebar.


On that picture 1, you can see Microsoft is trying to put ads in their sidebar.

Bug Outlook 2007 Service Pack 1: Email Masa Depan

Pada umumnya Outlook akan mengelompokkan email berdasarkan waktu. Misalkan Today untuk email hari ini, Yesterday untuk email kemarin, Three weeks ago untuk email tiga minggu lalu, dan lain-lain. Pernahkah anda berpikir bagaimana jika kita menerima email dari masa depan? Apakah yesterday akan menjadi tomorrow email?

Bug ini tidak terlalu penting tapi cukup lucu. Bug ini murni karena keisengan user. Cara reproduksi bug ini adalah dengan mundurkan tanggal sistem. Misalkan email terbaru adalah tanggal 14 April 2008, maka mundurkan tanggal ke satu tahun yang lalu. Hal ini akan membuat sistem berapa pada tanggal 14 April 2007.


Kemudian jalankan Outlook. Maka anda akan melihat Outlook mengelompokan email menjadi next week untuk email minggu depan, next month untuk email bulan depan, beyond next month untuk email yang lebih dari satu bulan kedepan. Pengelompokan ini membuktikan programernya Outlook hebat, sehingga tidak bingung oleh email "masa depan". Berikut ini adalah gambar email "masa depan" dari Outlook.

Gambar 1. Email "Masa Depan" / "Future" Email dari Outlook 2007 Service Pack 1


Semoga ada developernya Microsoft Outlook yang membaca artikel ini dan memperbaiki bug ini dalam service pack 2 yang akan datang. Kalau ada penulis lain yang iseng juga, silahkan coba cara diatas pada email client lain yang terdapat pengelompokan waktu.


Powered By Bloomberg